10 Cara Keluar Dari Zona Nyaman

22 views

Setiap orang tentu memiliki comfort zone atau zona nyamannya sendiri sesuai dengan cakupan yang berbeda-beda.

Ada banyak orang yang bertahan dan enggan untuk terlepas dari situasi comfort zone mereka dengan alasan masing – masing, walaupun mereka tahu kalau mereka berada pada tempat yang sulit dan tanpa perkembangan. Contoh kiat dan cara mudah beradaptasi dengan lingkungan kerja baru.

Namun ada pula yang tidak segan justru memilih untuk menantang comfort zone mereka, dengan memilih zona lain yang lebih layak dan lebih baik bahkan jauh lebih sukses.

Berikut ini langkah dan cara keluar zona nyaman, bukan berarti Anda keluar dari perusahaan atau kantor saat ini, namun ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan untuk bisa mengatasi kejenuhan pada pekerjaan sehari-hari Anda.

1. Mencari Tantangan dan Pengalaman Baru

Dalam hal ini bukan berarti Anda harus mengganti pekerjaan atau bisnis yang sudah Anda jalankan. Pada saat Anda sudah menyelesaikan satu tantangan, Anda akan cenderung merasa menang.

Namun, hal tersebut tidaklah cukup dan jangan merasa puas dulu. Apabila Anda membiarkan diri  berlama – lama tanpa tantangan atau target baru, maka pekerjaan yang Anda lakukan dan bisnis akan terasa datar dan biasa saja.

Oleh sebab itu tentukan target dan tujuan baru yang mampu memicu daya juang yang lebih tinggi dan Anda bisa berhasil mengurai  tantangan tersebut.

Berikut ini ragam cara yakin terhadap diri sendiri yang perlu Anda kembangkan.

2. Tekadkan Niat

Cara keluar zona nyaman berikutnya yaitu Anda harus memiliki sebuah tekad yang kuat, karena setiap pekerjaan harus dilandasi dengan niat yang kuat pula. Termasuk di dalamnya tentang perubahan, saat Anda memilih untuk keluar dari comfort zone dengan tujuan untuk melakukan perubahan.

Maka sebaiknya Anda melakukannya dengan penuh konsistensi dan keyakinan diri. Karena hidup adalah pilihan, dimana setiap niat yang kuat akan membantu Anda menghadapi konsekuensi dan resiko yang muncul di masa depan.

3. Evaluasi dan Instropeksi Diri

Perlunya melakukan evaluasi terhadap diri sendiri ketika anda ingin berubah. Anda perlu mengetahui apakah semua goal dalam hidup Anda sudah terlaksana dengan baik, atau masih dalam proses mencapainya.

Dan apakah pekerjaan yang Anda lakukan sudah sesuai dengan visi misi. Apabila tidak, maka ada suatu hal yang memang perlu untuk Anda benahi segera.

Dan jangan pernah menunda hal tersebut karena akan berbeda jika Anda menunda di kemudian hari. Beberapa cara mendewasakan diri dalam menghadapi masalah yang bisa timbul kapan saja.

4. Mulai Dari Hal Kecil

Cobalaha mulai dari saat ini untuk melakukan perubahan dalam segala bidang termasuk mulai dari hal – hal kecil.

Jangan anggap sepele akan hal yang kecil, karena hal kecil bsia menjadi kebiasaan yang membawa kepada hal besar.

Contohnya merubah penampilan Anda pada hendak ke kantor, dengan tujuan berusaha mencari suasana baru agar tidak terasa bosan.

Sehingga Anda terbiasa dengan perubahan akan hal – hal kecil, kita akan terlatih dan menjadi siap ketika harus menghadapi perubahan besar dalam kehidupan dan itu merupakan cara keluar zona nyaman yang bisa Anda coba.

5. Sesuatu Yang Berbeda

Cara keluar zona nyaman berikutnya Anda bisa melakukan perubahan berbeda dengan apa yang biasa dilakukan setiap hari.

Anda bisa mencatat hal apa – apa saja yang biasa kita lakukan setiap hari. Hal apa saja yang terkesan sama, dan Anda bisa mencoba mulai keluar dari kegiatan tersebut dengan menemukan hal baru di luar kebiasaan Anda.

Bisa jadi hal ini membuat Anda merasa lebih berbeda dan lebih nyaman. Contoh mengenai aplikasi psikologi industri dan organisasi dalam pekerjaan.

6. Lakukan Hobi dan Minat Baru

Ada banyak hal yang bisa dijadikan sebagai hobi dan minat baru di dunia ini. Apalagi saat kejenuhan sudah mulai mendera Anda, maka berhentilah sejenak lalu pikirkan hal lain seperti hobi dan minta Anda.

Setelah itu lakukan hal tersebut dikala semangat Anda tinggi dan bersemangat untuk memiliki perubahan ke arah yang lebih nyaman dan menyenangkan.

7. Ambil Kesempatan Yang Terbaik

Berikutnya cara keluar zona nyaman yaitu Anda dapat mengambil banyak kesempatan yang ada untuk meraih perubahan dalam hidup.

Contoh pada dunia karir Anda, jika memang ada kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan baru yang lebih menantang dari lebih baik maka ambillah.

Apapun tantangan dan resikonya harus Anda pikirkan baik – baik, dan setelah Anda siap maka Anda akan merasakan perubahan itu sangat menyenangkan. Anda juga bisa mencoba ragam cara untuk meningkatkan semangat kerja.

8. Perluas Wawasan dan Jaringan

Untuk melakukan banyak perubahan tentu Anda akan memilih keluar dari comfort zone, apakah itu memilih bertahan ataukah memilih untuk keluar dan pindah ke tempat yang baru.

Namun, semua itu butuh jaringan dan wawasan luas untuk bisa bertahan dan mendapatkan pekerjaan baru.

Apapun keputusan Anda memiliki wawasan dan jaringan luas dapat menguntungkan Anda di masa yang akan datang.

9. Hadapi Rasa Ketakutan Anda

Salah satu cara keluar zona nyaman adalah Anda harus memiliki rasa percaya diri yang kuat, buang jauh – jauh perasaan takut kalah, takut tidak nyaman, dan sebagainya jika Anda ingin berubah.

Anda pasti memiliki rasa ingin maju dan berkembang, oleh sebab itu rasa inilah yang harus Anda pupuk agar mampu mendorong untuk melakukan sebuah perubahan ke arah yang lebih baik. Berikut ini faktor psikologi dalam lingkungan kerja yang paling penting.

10. Memiliki Sikap Optimis

Pentingnya memiliki rasa optimis dalam setiap perubahan yang Anda alami, jangan menyerah dalam keadaan saat ini.

Teruslah maju dan melangkah, karena setiap perubahan tidaklah mungkin secara instan semua perlu proses.

Sehingga membutuhkan rasa optimis untuk mencapai goal yang sudah Anda tetapkan. Berikut penjelasan mengenai ruang lingkup psikologi dalam dunia kerja dalam berbagai aspek.

Semoga penjelasan mengenai cara keluar zona nyaman menjadi manfaat untuk Anda untuk keluar dari comfor zone selama ini.

Tags: #10 Cara Keluar Dari Zona Nyaman