12 Cara Mengatasi Panik Saat Bekerja

71 views

Rasa cemas dan juga panic memang sangat lazim dialami setiap orang, khususnya saat anda sedang bekerja. Biasanya hal tersebut terjadi dikarakan ada rasa was-was dan juga stress mengenai pekerjaan atau bisa juga perasaan grogi yang dialami saat pertama kali bekerja, apalagi jika pekerjaan yang sedang kita lakukan tersebut tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Ditambah lagi adanya persepsi dari teman sekantor pun malah semakin memperparah perasaan cemas dan juga panic di dalam pekerjaan.

Rasa panic yang berlebihan tentu saja bisa saja mempengarugi psikologi yang ada di dalam diri anda, dan bisa saja hal tersebut mengarah pada rasa stress dan juga ciri-ciri depresi ringan yang anda alami.

12 Cara Mengatasi Panik Saat Bekerja

Dan sayangnya masih banyak juga yang belum bisa mengetahui cara mengatai rasa panic maupun kecemasan yang berlebihan, bahkan rasa panic tersebut tidak jarang datang secara tiba-tiba, sehingga anda pun perlu mengetahui cara menghilangkan rasa panic di dalam pekerjaan yang akan kita bahas kali ini.

1. Menarik nafas pelan-pelan

Saat anda merasakan serangan panic, anda bisa melakukan relaksasi dengan cara menarik napas pelan-pelan dengan panjang, hal ini juga sangat ampuh untuk Mengurangi serangan panik dan cemas ketika sedang mengahadapi pekerjaan. Dan tidak ada salahnya juga ketika anda merasakan panic atau cemas, sebaiknya tenangkan diri anda terlebih dahulu dan caranya bisa dengan menarik napas penajnga secara perlahan, kemudian hempuskan dengan tempo yang sama.

2. Membersihkan ruang kerja

Ruang kerja yang nyaman tentu bisa sangat membantu menghilangkan rasa cemas dan juga panic secara tiba-tiba, untuk itu tidak ada salahnya juga anda harus tetap menjaga kebersihan dan juga kenyamanan ruang kerja anda. hal tersebut juga bisa membantu pikiran menjadi lebih positif dan lebih rasional lagi. Untuk itu selalu menjaga kebersihan kamar memang merupakan hal yang bisa anda andalkan.

3. Alihkan pikiran anda

Saat tengah dalam kondisi panic tidak ada salahnya juga anda mengalikan pikiran yang sedang anda alami. Contohnya dengan membaca buku, menghitung 1 sampai dengan 100, namun and ajuga bisa melakukanmenghadapi rasa panic yang sedang terjadi sehingga bisa menghilangkan rasa panic yang sedang anda alami.

4. Jangan abaikan rasa cemas yang terjadi

Jika terjadi rasa cemas yang secara tiba-tiba datang pada diri anda sebaiknya jangan abaikan rasa itu, karena jika anda terus merasa takut dan berusaha menghilangkan malah akan semakin menambah rasa cemas yang anda alami. Hadapi rasa panic yang anda alami sambil secara perlahan menghilangkan rasa tersebut secara perlahan, namun ingat jangan memaksakan perasaan panic terlalu berlebihan.

5. Menghirup udara segar

Saat terjadi serangan panic di kantor, tidak ada salahnya memanfaatkan waktu istirahat yang anda alami dengan pergi keluar sebenatr, anda bisa menghirup udara segar terlebuh dahulu dan juga melihat yang ada di sekeliling, sheingga rasa tenang pun bisa anda miliki dan bisa jauh lebih tennag, cara ini juga bisa dilakukan untuk mmebantu menghilangkan rasa stress dan dapat membuka pikiran anda juga tentunya.


6. Istirahat yang cukup

Rasa stress atau kepanikan yang seringkali dialami tersebut juga bisa jadi dikarenakan anda kurang istirahat ketika sedang ada di rumah, bahkan jika anda kurang tidur bisa menyebabkan otak anda pun tidak dapat berpikir jauh lebih tenang, sehingga ketika sedang di kantor malah akan merasakan rasa cemas dan juga panic yang berlebihan yang bisa anda rasakan ketika sedang di dalam kantor.

Untuk itu sebaiknya lakukan istirahat yang cukup untuk bisa tetap menjaga keseimbangan pikiran dan menghilangkan rasa panik dan juga cara menghilangkan cemas yang anda alami.

7. Minta dukungan keluarga

Tidak ada salahnya jika anda merasa panik dengan selalu minta dukungan pada keluarga, bisa orang tua maupun suami, sehingga dengan adanya dukungan tersebut tentunya bisa membuat anda jauh lebih tenang lagi, di dalam psikologi keluarga terdapat juga energy positif di dalam diri anda ynag membuat anda bisa mengatasi rasa panik yang sedang dialami. Karena dengan berbicara pada seseorang yang memang paham mengenai diri kita memang dirasa jauh lebih baik.

8. Hindari Mengkonsumsi kopi.

Caffeein yang berlebihan tentu akan membuat rasa panic anda malah semakin menjadi, sehingga saat sedang di kantor sebaiknya hindari erllau banyak Mengkonsumsi kopi, adapun gejala yang bisa ditimbulkan malah akan semakin memperparah rasa panic di dalam diri anda. Seperti rasa sesak napas, jantung yang berdegup dengan kencang, rasa gemetar dna juga pusing yang berlebihan.

Untuk itu jika anda belum bisa menghilangkan kebiasaan Mengkonsumsi kopi, sebaiknya kurangi sedikit demi sedikit saja mulai saat ini.

9. Mendengarkan musik

Sudah tidak asing lagi jika music dapat dijadikan sebagai cara menghilangkan rasa panic yang berlebihan, khususnya ketika anda merasa panik ketika sedang bekerja.

Dengan mendengarkan musik dengan nada lembut tentunya bisa membuat pikiran dan hati anda merasa jauh lebih tenang, hal ini pun akan membuat anda dapat mengontrol emosi dan juga serangan rasa panic yang ada di dalam diri anda.

10. Bercanda sejenak

Jika anda sedang panik, sebaiknya hentikan pekerjaan sementara dulu, cari teman yang bisa diajak bercanda. Tidak ada salahnya di sela-sela pekerjaan kita bercanda, karena hal tersebut tentunya dapat membantu anda meringankan rasa panic. Dengan bercanda juga anda dapat melepaskan stress dan lebih me refresh otak menjadi lebih positif.

11. Mencari tempat sepi

Ketika anda sedang meraskaan panic, tidak ada salahnya pergi keluar tempat kerja terlebih dahulu kemudian mencari tempat yang lebih sepi untuk menenangkan diri semntara waktu, namun begitu sebaiknya jangan terlalu lama berdiam diri di tempat sepi karena bisa menganggu wkatu pekerjaan anda. anda bisa mengambil waktu 10 sampai dengan 15 menit untuk sekedar menenangkan diri terlebih dahulu, sehingga bisa dijadikan sebagai cara mengatasi stress pada karyawan.

12. Pergi untuk keluar sebentar untuk makan

Pergi sebentar untuk keluar makan siang juga bisa meredakan rasa panic yang anda alami, karena dengan makan atau mencari cemilan juga bisa lebih membuat oto-otot anda yang tegang menajdi jauh lebih baik.

Selain itu anda juga bisa memuat pikiran jauh lebih tenang dan terhindar dari serangan panic yang tiba-tiba datang ketika sedang bekerja.

Tags: #12 Cara Mengatasi Panik Saat Bekerja