12 Cara Mengatasi Serangan Panik Mendadak

88 views

Serangan panic merupakan hal yang dapat dikaitkan dengan suatu kecemasan yang sulit untuk dikendalikan, dan faktor psikologis tingkah laku manusia, bahkan biasanya hal tersebut juga bisa menimbulkan permasalahan yang cukup berat, belum lagi dengan adanya berbagai aktifitas fisik secara mendadak, seperti rasa mual, kejang di otot, napas menjadi sesak dna juga berbagai ciri-ciri lainnya tentu akan sangat membuat kita merasa tidak nyaman dengan keadaan tersebut.

Bahkan kebanayakan diantara orang-orang yang terkena gejala panik mendadak ini bisa menuju gangguan frustasi ataupun stress yang bahkan sampai saat ini belum diketahui penyebabnya.

Jika kita berfikir secara seksama bahwa serangan panic ini juga biasanya ditambah dengan perasaan cemas dan juga takut yang bisa terjadi secara tiba-tiba.

Tidak heran pada beberapa orang yang terkena serangan ini tentunya membutuhkan berbagai bantuan dari orang lain untuk bisa mengatasinya, bahkan beberapa diantaranya juga bisa dikatakan membutuhkan bantuan drai tenaga professional, jika sudha seperti ini tentu akan sangat berbahaya bagi diri anda sendiri, dan memang sebaiknya anda mengenali terlebih dahulu mengenai berbagai serangan gejala panic yang bisa terjadi

  • Sesak napas atau napas menjadi tidak teratur.
  • Kepala terasa pusing
  • Terjadi rasa mual ataus eperti tersedak
  • Berkeringat yang cukup banyak dan rasa gemetar
  • Merasa sangat lemah dan juga lelah
  • Ulu hati terasa nyeri dan juga nyeri abgian dada
  • Otot terasa sangat kejang.

Dengan berbagai gejala yang ditunjukan tentunya anda membutuhkan cara agar nantinya bisa menghilangkan rasa panic secara mendadak. Diantaranya:

1. Tenangkan napas dan juga otot

Saat anda terkena serangan panic secara mendadak sebaiknya gunakan teknik yang satu ini, dengan cara menenangkan napas kita dan mengaturnya dengan teratur, anda juga bisa melakukan rileksasi otot agar nantinya napas anda jauh lebih tenang, anda bisa mengambil napas secara perlahan dengan lambat melalui hidung, kemudian tunggu beberapa detik dan hembuskan lembali secara perlahan, cara ini juga sangat ampuh untuk bisa mebuat anda jauh lebih tenang.

2. Menggunakan obat-obatan

Pada beberapa kasus serangan panic yang sudah cukup berbahaya, biasanya ada juga beberapa orang yang sering menggunakan berbagai resep obat-obatan yang sudah diresepkan agar nantinya bisa membantu serangan panik yang terjadi. Biasanya jenis obat-obatan termasuk ke dalam golongan jenis benzodiazepine.

Obat-obatan ini biasanya digunakan untuk membantu emringankan berbagai gejala ataus erangan panic yang seringkali terjadi, namun diresepkan dengan dosis rendah. Penggunaan obat-obatan ini juga terbukti dapat menangani serangan panic.

3. Lakukan aktivitas seperti biasa

Ketika serangan panic datangs ecara mendadak, ada baiknya anda lebih focus pada kegiatan yang sedang anda jalani. Tetaplah sebisa mungkin tetap melakukan aktivitas seperti biasanya, dan hiraukan rasa panic yang terjadi pada diri anda, anda juga harus bisa fokus dalam hal ini agar nantinya tidak akan ada alasan untuk serangan panic tersebut datang secara tiba-tiba pada diri anda.

4. Fokus pada hal yang lain

Cara lain yang bisa anda lakukan adalah dengan tetap fokus dengan apa yang ada di fikiran anda, sebaiknya segara kendalikan rasa panic yang anda alami, mislanya anda bisa fokus mendengarkan musik yang sedang anda dengarkan, atau bisa juga dengan mengajak teman anda ngobrol atau berbicara, sehingga rasa panik yang tiba-tiba datang tersebut bisa jauh lebih anda kendalikan.

5. Lakukan teknik relaksasi

Anda juga bisa menggunakan cara yang satu ini agar bisa mengendalikan rasa panic dan juga aspek-aspek kecemasan di dalam psikologi, salah satunya adalah dengan menggunakan teknik relaksasi, cara ini juga di klaim cukup ampuh mengendalikan rasa panic dan juga ketegangan yang ada di dalam diir anda.

6. Menemui terapis
Salah satu cara ampuh yang bisa and alakukan untuk mencegah serangan panic lainnya adalah dengan menemui terapis perilaku kognitif, biasanya dengan ara terapis yang satu ini juga cukup ampuh untuk mengendalikan rasa panik yang anda alami, dan tentunya dengan bantuan terapis tersbeut juga bisa membantu mencari strategi yang tepat dan juga cara relaksasi yang bisa anda lakukan agar nnatinya bisa mengendalikan rasa panic yang terjadi pada diri anda.

7. Segera cari bantuan medis

Cara ini bisa dilakukan untuk mencegah serangan panik di masa mendatang yang bisa saja tiba-tiba datang kembali, karena jika anda sudha terlalu sering mengalami serangan panik mendadak memang dibutuhkan perawatan khusus yang dilakukan, agar nantinya bisa mendapatkan hasil yang jauh lebih baik.

Dengan bantuan medis juga setidaknya rasa panik yang ada di dalam diri anda nantinya bisa jauh lebh berkurang.

8. Gunakan jenis obat penghambat penyerapan serotonis selektif

SSRI atau yang biasa disebut dengan selective reuptake inhibitor merupakan jenis pengobatan menghadapis erangan pnaik yang cukup ampuh, bahkan untuk diamerika sendiri cara ini sudah disetujui untuk mengatasi serangan panic yang mendadak, namun sebelum menggunakan obat ini tentunya anda membutuhkan resep yang tepat dari dokter ynag merawat anda.

9. Terapi perilaku kognitif

Jenis Terapi perilaku kognitif merupakan jenis terapi yang sangat pas dan cocok digunakan untuk anda yang memiliki serangan panic mendadak, dna biasanya dengan menggunakan terapi ini juga bisa meminimalisir terjadinya serangan panic yang datang kembali. Terapi ini juga bisa membantu mengetahui kondiis anda dan juga jauh lebih memahami mengenai gejala yang terjadi.

10. Lakukan hidup sehat

Tidur yang cukup dan engkonsumsi makanan yang sehat juga sangat perlu dilakukan untuk anda yang memiliki gangguan panic mendadak.

Dengan melakukan gaya hidup sehat seperti istirahat yang cukup dna Mengkonsumsi makanan sehat juga bisa membantu anda untuk bisa Mengurangi berbagai gejala panic yang seringkali terajdi.

11. Mengenali jika serangan datang tiba-tiba

Ketika and amengalmai serangan panic medadak sebaiknya and akenali terlebih dahulu mengenai gejala yang bisa terjadi pada diid anda, sehingga dengan mengetahui kapan serangan itu akan muncul juga bisa mengurangi aktifitas dan juga pemicu serangan panic mendadak, karena jika anda belum emngetahui kapan serangan panik itu akan datang nantinya malah akan membuat anda kehilangan control dan semakin sulit untuk mengontrol rasa panic tersbeut.

12. Katakan pada diri anda bahwa anda baik-baik saja

Serangan panik secara mendadak sebenarnya masih dapat diatasi dengan cara mensugesti diri anda sendiri, salah satu penyebab gangguan kecemasan dalam psikologis ini memang jarang berhasil, namun tidak ada salahnya anda mencobanya. Caranya sendiri adalah ketika anda mengalami serangan panic secara mendadaks ebaniknya langsung sugestikan diir anda bahwa semuanya akan baik-baik saja, sampai diri and apun benar-benar bisa jauh lebih tenang.

Tags: #12 Cara Mengatasi Serangan Panik Mendadak

Leave a reply "12 Cara Mengatasi Serangan Panik Mendadak"