12 Cara Mengatasi Trauma Gempa

10 views

Trauma merupakan sebuah keadaan yang dapat dikaitkan dengan sebuah gangguan psikologis yang terjadi pada seseorang. gejala trauma sendiri bisa dikarenakan beberapa hal, seperti trauma masa lalu, trauma karena kehilangan, bahkan sampai dengan trauma akibat gempa yang akhir- akhir ini sering melanda bangsa Indonesia.

Bila kita perhatikan secara seksama, untuk seseorang yang trauma karena sebuah kejadian atau musibah misalnya gempa, merpakan sebuah trauma yang sangat manusiawi dirasakan semua korban. karena pada dasarya trauma itu sendiri datang akibat dari sebuah kejadian yang tidak menyenangkan dan juga bisa jadi sangat menyakitkan.

Trauma akibat gempa tentu bisa dirasakan oleh hampir seluruh korban benacana alam gempa bumi, khususnya untuk anak-anak yang sangat rentan terkena trauma yang satu ini.

Anak-anak memang memiliki kemampuan merekam sesuatu dengan sangat baik, khususnya jika terjadi sebuah bencana alam seperti gema bumi, sehingga sampai kapanpun peristiwa yang memilukan tersebut pasti akan terus menerus terekam di bawah alam sadarnya. bahkan bisa jadi akan terus dikenangnya sampai dewasa.

Banyak hal yang harus dilakukan agar bisa meringankan gejala trauma gempa yang sudah terjadi. misalnya dengan melakukan pembenahan dan juga memberikan hiburan, yang membuat para korban trauma gempa ini dapat lebih bisa mengatasi rasa trauma yang terjadi di dalam dirinya. untuk itu dalam artikel kali ini kita akan mengulas mengenai cara mengatasi trauma akibat  bencana alam atau gempa. berikut penjelasannya.

  1. Mengurangi membuka media

Bagi seorang korban gempa yang mengalami trauma tentu akan merasakan sebuah perasaan yang sangat sedih dan takut apabila dibayang-bayangi kejadian gempa yang pernah terjadi pada dirinya.

Meskipun ada beberapa yang masih sanggup bertahan, namun tidak jarang banyak juga yang tidak bisa menahan perasaan memilikukan tersebut apaabila melihat kembali berita mengenai benaca gempa tersebut.

Khususnya bagi mereka para korban yang mengalami kehilangan keluarganya. Untuk iu sebaiknya batasi menggunakan media seperti melihat televises, internet atau media lainnya yang dapat membuat nya mengingat kejadian tersbeut

  1. Memberikan perhatian para korban

Cara berikutnya adalah dengan terus memebrikan perhaian kepada para korban, karena dengan cara ini korban masih tetap merasa ada yang peduli tehadap dirinya dan dia juga tidak sendirian menghadapi semua kejadian gempa ini.

Beberapa korban mungkin ada yang merasa cepat bangkit dari situasi, namun ada juga yang merasakan rasa traum aynag teramat dalam, bahkan tidak jarang juga menimbulkan gangguan jiwa fungsional yang sangat parah.

  1. Menerima sepenuhnya emosi yang dirasakan

Setiap orang yang sedang dalam posisi trauma memang akan lebih mudah terkena sebuah gangguan psikologis di dalam dirinya. Orang tersebut juga tidak jarang ingin meluapkan emosi agar bisa sedikit meredam perasaan yang berkecamuk di dalamdirinya.

Untuk itu tidka ada salahnya anda mengepresikan segala hal emosi yang ada di dalam diri anda, karena perasan tesebut memang merupakan sebuah rasa manusiawi yang bisa terjadi pada siapapun

  1. Melakukan konseling

Konseling memiliki fungsi dan juga peranan yang sangat penting bagi seseorang yang sedang trauma.  salah satunya cara mengatasi trauma berkepanjangan, Dengan konseling juga para korban bisa mengeluarkan semua yang ada dihatinya dengan menceritakan rasa trauma yang dialaminya, cara ini juga bisa menjadikan para psikolog untuk membrikan bantuan pemahaman dari  sisi psikologis atau kejiawaan yang ada pada diri korban, sehingga korban pun akan terbantu dan juga merasa jauh lebih baik lagi.

  1. Meyakinkan bahwa masih banak yang mencintai mereka

Komunikasi merupakan salah satu hal yang paling penting dalam mengatasi sebuah gejala trauma, khsuusnya jika traum atersebut terjadi pada anak-anak.

Yakinkan pada mereka bahwa semuanya akan baik-baik saja, dan tentunya mereka juga tidak sendiir, karena kaan ada banyak juga orang yang masih mencintai mereka dan siap membantu mereka. Sehingga setidaknya rasa trauma yang ada di dalam diri mereka akan berangsur pulih.

  1. Memperhatikan gejaal stres korban

Korban yang merasakan traum apada dirinya akibat dari gempa yang terajdi tentu akan mengalami perubahan yang snaat drastis pada dirinya sendiri.

Biasanya tanda-tanda stress  ini akan terjadi pada pola makan, dna juga pola tidur mereka yang tentu saja tidak bisa mereka atasi. Sehingga pada akhirnya dapat berdampak pada kesehatan meraka, untuk itu mmebantu para korban dengan memebrikana supan makanan terbaik bisa dilakukan sebagai awal mengatasi rasa trauma yang etrajdi pada korban.

  1. Selalu memberikan dukungan dan juga semangat

Sebagai korban selain rasa trauma ynag terjadi pada mereka, tentu semangat hidup mereka pun akan berkurang, untuk itu agar bisa mmebantu mereka sebaiknya berikan semnagat dna juga dukungan pada para korban agar nantinya mereka merasakan hal yang yang jauh lebih baik pada dirinya.

  1. Ajak berkomunikasi

Seseorang yang terjena gejala trauma biasanya akan jauh lebih sering menyendiri, karena mmeilikirkan secara teus menerus kejadian atau musibah yang terjadi pada dirinya.

Padahal tersebut tentu akan sangat berbahaya untuk korban karena dia bisa saja melakukan hal-hal yang tidak diinginkan, untuk itu sebaiknya ajak korban melakukan komunikasi secara terus menerus, agar nantinya korban pun akan merasa jauh lebih baik karena sering berkomunikasi dengan orang lain.

  1. Mengkonsumsi makanan bergizi.

Dengan Mengkonsumsi asupan makanan yang bergizi nnatinya tentu bisa membantu korban untuk merasa jauh lebih baik.

Karena biasanya seseorang yang terkena gejala trauma akan kekurangan nafsu makan sehingga menjalani pola hidup yang tidak teratur dna malah akan membuat dirinya sakit. Untuk itu dengan Mengkonsumsi makanan sehat bergizi dapat membantu korban menjaid jauh lebih baik.

  1. Memberikan bantuan

Bantuan para korban gempa memang bersifat universal, bantuan tersebut bisa berupa makanan, pakaian dan juga hiburan.

Untuk seseorang yang sedang dalam gejala trauma sebaiknya diberikan hiburan agar bisa membuat psikis orang tersebut menajdi jauh lebih baik dan rasa trauma pun akan hilang sedikit demi sedikit.

  1. Memulihkan kondisi mental

Memulihkan kondisi mental korban trauma gempa memang tidaklah mudah, hal pertama yang perlu anda lakukan adalah dengan cara secara terus menerus memberikan pemahaman dan membantu dari sisi psikis korban. Sehingga mental para korban pun akan erangsur kembali normal lagi.

  1. Memberikan pemahaman

Memberikan pemahaman kepada para korban memang tidaklah mudha, aplaagi kita pun belum tentu menerti apa yang sednag mereka rasakan, untuk itu lakukan  untuk itu beirkan pemahaman pada para korban bahwa apa yang sedang mereka alami tersebut merupakan sesuatu yang sangat manusiawi dan tentunya bisa terjadi pada siapapun, dan yakinkan juga pada diri mereka bahwa masih banyak yang akan mmebantu mereka menangani kejadian pasca terjadinya gempa.

Tags: #12 Cara Mengatasi Trauma Gempa