12 Cara Mengatasi Trauma Kehilangan

9 views

Kahilangan merupakan sebuah peristiwa yang bisa membuat psikologi seseorang terganggu, karena peristiwa yang satu ini merupakan sebuah peristiwa yang sangat besar, khususnya jika anda kehilangan seseorang yang memang anda cintai.

Misalnya saja seperti kehilangan orang tua atau anggota keluarga bahkan pasangan. seseorang yang mengalami peristiwa kehilangan tidak jarang pada akhirnya akan menimbulkan trauma tersendiri. sehingga apabila terus berlanjut dan berangsur lama malah akan menganggu kehidupan orang itu sendiri.

Rasa trauma sendiri merupakan gangguan psikologis yang biasanya terjadi pada seseorang dengan suatu alasan, diantaranya gejala-gejala konflik stess taruma dan frustasi, sehingga dari alasan itulah yang membuat kita merasakan sebuah perasaan yang menjadikan hidup kita seolah tidak bergerak, dan yang lebih berbahayanya lagi jika terjadi secara terus menerus malah akan menimbulkan penyakit depresi yang cukup berat. tentu hal ini harus segera diatasi, karena jika terjadi terus menerus malah akan membahayakan diri sendiri bahkan kehidupan kita ke depannya.

Seseorang yang terkena gangguan trauma yang satu ini bukan tidak mungkin akan mengehentikan semangat di dalam hidupnya dan jika semakin parah malah bisa membahayakan nyawa orang tersebut. untuk itu dalam artikel kali ini kita akan mengulas mengenai cara mengatasi trauma kehilangan.

  1. Jangan menyalahkan siapapun

Rasa truma kehilangan memang bisa saja terjadi pada siapapun, sehingga hal tersebut bisa menimbulkan perasaan kecewa, tidak dapat menerima, perasaan deprsi, stress bahkan ada yang sampai ingin bunuh diir. Biasanya jika terjadi trauma kehilangan biasanya kita menyalahkan seseorang karena kejadian tersebut. malah tidak jarang ada juga yang Terkadang menyelahkan dirinya sendiri.

Mulai saat ini sebaiknya hentikan menyalahkan siapapun, termasuk diri anda sendiri. Dengan begitu secara perlahan anda mampu menerima kenyataan tersebut.

  1. Menangislah

Biasanya secara naluri kemanusian seseorang yang mengalami rasa kehilangan akan menumpahkan perasaan sedihnya dengan menangis, tapi ada juga yang ebrusaha tabah sehingga memendam rasa sedih agar tetap terlihat tabah, padahal secara psikologis hal tersebut bisa berdampak buruk pada kondiis kejiwaan, untuk itu cobalah menangis sepuasnya dengan meluapkan seluruh perasaan yang ada di dalam diri anda. kemudian anda pun bisa kembali bangkit dan menghilangkan beban yang ada di hati.

  1. Mencoba menghadapi perasaan tersebut.

Rasa sedih akan kehilangan itu merupakan hal yang sangat normal, sehingga and atidak perlu ebrusaha terlihat tegar dan menolak perasaan yang ada di dalam diri anda. mencoba untuk menghadapi perasaan anda sendiri merupakan jalan yang terbaik.

Anda tidak bisa secara etrus menerus menyangkal perasaan tersebut, untuk itu cobalah hadapi dengan senyuman, jika ingin menangis, mennagislah, namun kemudian bangkit dan lupakan.

  1. Berikan waktu untuk diri sendiri

Memaksa diri untuk tidak bersdih memang bukanlah hal yang baik, untuk itu cobalah beri ruang untuk diri anda sendiri.

Memang semua yang anda alami bukanlah yang mudah, namun jika anda mampu mengehadapinya secara tidka langsung dan sedikit demi sedikit anda pun akan bisa menerima kenyataan pahit  tersebut. kehilanga bukanlah hal yang mudah namun sebaiknya jangan terlalu terlarut dengan perasaan tersebut.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-1495813119497-2’); });

 

  1. Temui keluarga atau sahabat

Memang tidak akan ada paham dan mengertis ecara keseluruhan perasaan yang berkecamuk di dalam diri anda, namun anda bisa Mengurangi perasaan tersebut dengan menemui keluarga dan juga sahabat yang emmang sudah paham mengenai diri anda. cara tersebut juga bisa menjadi sedikit hiburan agar perasaan anda menjaid jauh lebih baik lagi.

  1. Cobalah untu terbuka

Kebanyakan seseorang yang mengalami trauma, khususnya lebih sering menutup dirinya sendiri, karena mengangap tidak ada yang paham dan juga mengerti mengenai dirinya.

Untuk itu  cara menghilangkan trauma keran sakit hati mulai sekarang cobalah untuk terbuka, baik pada keluarga aupun sahabat yang memang paham mengenai situasi anda saat ini. Tidak ada salahnya ceritakan semua yang ada di hati anda, sehingga and apun akan merasakan perasaan yang jauh lebih baik lagi.

  1. Mencoba mencari hiburan

Hiburan bisa anda cari dimana saja, bisa dengan menonton televisi, menulis, hangout bersama teman atau liburan dengan keluarga.

Dengan mencari hiburan untuk diri anda tentu akan membuat perasaan trauma kehilangan yang anda miliki akan berangsur membaik.

  1. Berfikir lah positif

Setiap kejaidan atau peristiwa tentu saja akan selalu ada hikmah dibalik hal tersbeut. Untuk itu cobalah berfikir positive dan mengatakan pada diri sendiri bahwa selalu ada hikmah atas kejadian yang sedang anda alami,  manfaat berfikir positif bisa membuat anda jauh lebih baik, karena hal tersebut memang hal yang sangat normal terjadi pada seseorang yang baru saja merasakan sebuah kehilangan.

Hilangkan perasaan negative di dalam diri anda dan mencoba berfikir positif agar hidup anda kedepannya pun akan kembali normal.

  1. Mengatur pola tidur

Biasanya seseorang yang sedang terkena trauma kaibat kehilangan akan lebih sulit untk menikmati tidurmya, hal ini malah akan berdampak buruk untuk tubuhnya, untuk itu sebaiknya anda perbaiki kembali pola tidur anda agar nnatinya tubuh pun akan menajdi elbih sehat lagi.

  1. Tetap melakukan rutinitas seperti biasa

Jangan pernah menghilangkan rutinitas atau pekerjaan yang selalu anda lakukan setiap  harinya ketika mearsakans ebuah kehilangan.

Dengan terus melakukan rutinitas yang sama tentunya bia membantu anda mengatasi rasa kehilangan yang sangat emndalam sehingga anda pun akan kembali hidup normal.

  1. Begabung pada komunitas

Tidak ada salahnya anda bergabung pada sebuah komunitas yang memiliki peristiwa sama sperti anda, dengan belajar dari pengalaman dan juga bergabung pada sebuah komunitas yang sama dengan yang anda rasakan tentunya bisa membantu anda bangkit dan sama-sama bertukar fikiran agar bisa menangani semua perasaan yang ada di dalam diri.

  1. Lakukan konseling

Tidak ada salahnya anda menemui bantuan psikologis seperti melakukan konseling, cara ini juga biasanya dijadikan sebagai cara mengatasi orang terkena gangguan mental selain itu menyerahkan pada seseorang ahlinya, cara tersebut juga bisa dijaidkan  ebagai cara yang cukup ampuh menangani rasa trauma yang ada di dalam diri anda, sehingga anda pun bisa dicarikan jalan keluarnya terhadap rasa trauma dan juga masalah yang terjadi

Tags: #12 Cara Mengatasi Trauma Kehilangan