12 Cara Menghilangkan Panik Saat Berenang

92 views

Berenang merupakan salah satu kegiatan olahraga yang seringkali dimasukan ke dalam kurikulum pelajaran, selain biasa dijaidkan sebagai salah satu bahan pembelajaran di sekolah, kegiatan olahraga yang satu ini juga merupakan jenis olaharaga yang sangat menyenangkan dan cukup banyak digemari banyak orang.

Karena selain termasuk kedalam jenis olaharaga yang menyenangkan, jenis olaharaga yang satu ini juga bisa membuat tubuh anda menjadi segar dan juga bugar. Lalu bagaimana jadinya jika seseorang mengalamai rasa panic ketika sedang berenang?

12 Cara Menghilangkan Panik Saat Berenang

Rasa panik merupakan jenis trauma psikilogis, memang merupakan hal yang sangat wajar etrjadi pada seseorang, apalagi panic ketika sedang di dalam kolam renang.

Biasanya hal tersebut terjadi pada orang yang memang sudah cukup lama mengalami trauma ketika berenang. Mungkin salah satunya trauma tenggelam atau seseorang yang memang pernah merasakan trauma dengan air, sehingga saat tengah berenang malah menunjukan rasa panik yang tidak dapat dihilangkan.

Untuk itu memang sebaiknya pada seseorang yang merasakan panic ketika berenang memang harus dilakukan berbagai cara untuk bisa mengatasinya, salah staunya adalah dengan melakukan beberapa cara, diantaranya:

1. Menguasai teknik berenang terlebih dahulu

Ketika seseorang sedang berennag, tengelam merupakan hal yang paling sering ditakuti oleh kebanyakan orang. Meskipun tenggelam juga bisa menjadi mungkin jik anda tidak memiliki control yang baik ketika sedang di dalam kolam renang, apalagi jika anda semakin merasa panik, bukan tidak mungkin malah akan langsung tenggelam.

Untuk itu sebaiknya anda mencari tahu terlebih dahulu mengenai teknik berennag yang baik sebelum langsung mencoba ke dalam kolam, sehingga hal tersebut juga bisa Mengurangi rasa panic yang terjadi.

2. Biasakan untuk membasahi sebagian anggota badan pada kolam

Untuk memberanikan diri agar bisa berennag dna menghilangkan panic saat di dalam kolam, sebaiknya sebelum melakukan olaharaga rennag ini anda basahi terlebih dahulu sebagian tubuh anda dengan air, atau anda juga bisa memasukan kaki terlebuh dahulu ke dalam kolam sehingga secara perlahan dapat beradaptasi dan bisa menghilangkan rasa panic yang dialami.

3. Pelajari teknik pernafasan dengan baik

Ketika anda sedang panic ketika sedang berenang, hal tersebut juga mungkin karena and akurang menguasai teknik pernafasan yang seharusnya dilakukan.

Sehingga agar bisa membuat anda menguasai panic ketika di dalam kolan, and juga bisa belajar terlebih dahulu mengenai teknik pernafasan yang baik.

Pelajari juga ritme pernafasan di dalam air, kaena ritme pernafasan di dalam air dan di atas permuakaan tentu saja berbeda, caranya bisa dengan menghirup udara mellaui mulut kemudian dikeluarkan melalui hidung. Untuk itu sebaiknya pelajari dengan baik terlebih dahulu tekniknya.

4. Mulailah secara perlahan

Untuk mengatasi seseorang yang panik saat berenang memang tidak bisa dilakukan pemaksaan, karena kita harus memulainya dengan pelan-elan dna juga butuh kesabaran, langkah awalnya bisa dengan duudk terlebih dahulu di tepian kolam, kemudian mulai masuk ke dalam kolam, jika orang tersbeut tidak merasa nyaman sebaiknya jangan dipaksakan, karena hal tersebut malah akan semakin membuatnya panik.

5. Percaya diri

Menurut teori kecemasan, Untuk menghilangkan panic ketika sedang berenang memang harus dikalahkan dengan rasa percaya diri yang ada di dalam diri anda. jangan sampai rasa panic menguasai diri anda, dan malah nnatinya smekain membuat anda merasa takut dan tidak berani untuk berenang.

Karena dengan percaya diri tentunya bisa meminimalisir kemungkinan tenggelam dan rasa panic yang sedang anda alami. Namun selain percaya diri jangan lupa untuk lebih memperlajari berbagai teknik berenang yang baik.

6. Pahami bawa kepanikan adalah hal wajar

Panik dan rasa takut saat berenang memang merupakan hal wajar, apalagi jika anda termasuk ke dalam seorang pemula. Rasa panic biasanya bermula karena ketakutan anda tenggelam ketika sedang berenang, padahal jika anda bisa berkonsentrasi dan juga mempelajari teknik dengan baik, rasa panic tersebut juga tentunya bisa anda hindari.

7. Jangan berenang saat sedang ramai

Keramaian suasana kolam renang tentu malah akan smekain membuat anda bisa merasa kepanika, untuk itu agar bisa menghilangkan rasa panik yang dirasakan memang sebaiknya hindari jam-jam ramai ketika pergi ke kolam renang, tapi jangan lupa untuk selalu ditemani seseorang yang memang bisa membantu dan juga mengawasi anda tentunya.

8. Gunakan perlengkapan renang

Bagi seorang pemula yang hendak melakukan olahraga renang memang tidak ada salahnya anda menggunakan pelampung atau berbagai peralatan renang lain, sehingga bisa Mengurangi rasa panic dan takut anda saat sedang berenang. Dengan menggunakan alat-alat yang aman pun bisa membantu anda terlindungi dan juga meminimalisir terjadinya tenggelam.

9. Memilih jenis kolam yang sesuai

Khusus untuk para pemula, memang sebaiknya anda memilih jenis dan ukuran kolam renang, setelah menguasai teknik berenang dengan baik, langkah selanjutnya anda bisa memilih kolam renang dengan kemampuan anda berenang, jangan mengambil kolam yang terlalu dalam, sehingga bisa membuat anda nyaman terlebih dahulu, dans ebaiknya mencoba dengan ketinggian yang standar terlebih dahulu.

10. Selalu bebrsikap positif

Panik ketika berenang biasanya terjadi karena sebelumnya anda terlalu berfikiran negative dan juga berfikir mengenai ketakutan anda ketika sedang berenang, dan hal tersebut pun malah akan semakin membuat anda merasa takut untuk berenang, untuk itu berfikir positip memang akan jauh lebih baik, sehingga nantinya bisa Mengurangi rasa panic yang anda rasakan serta cara menghilangkan mental negatif di dalam diri anda.

11. Hadapi rasa takut yang anda alami

Jangan pernah menjaidkan rasa panic dna takut anda ketika berennag malah menjadi beban, padahal hal tersebut bisa anda jaidkan sebagai motivasi terbaik yang dapat membantu anda menghindari rasa panic tersebut, dan menjadikan ketakutan yang and amiliki sebagai kekuatan agar bisa mengontrol emosisaat di kolam rennag nantinya.

12. Mencari tahu apa yang membuat kita mudah panik.

Sebelum melakukan berenang memang tidak ada salahnya anda mencari tahu terlebih dahulu mengenai hal-hal yang membuat anda panic ketika akan berenang.

Setelah mengetahui hal tersebut tentunya anda sudah akan memiliki berbagai persiapan yang nantinya bisa membuat anda lebih siap menghadapinya, misalnya anda panik karena takut tenggelam, sehingga nantinya anda bisa lebih mempersiapkan hal-hal yang membuat anda mudah panic tersebut dan mencari cara mengatasi trauma tenggelam, misalkan seperti salah satunya menggunakan pelampung atau cara lainnya.

Tags: #12 Cara Menghilangkan Panik Saat Berenang