12 Cara Menghilangkan Panik yang Berlebihan

61 views

Rasa panik merupakan hal yang bisa terjadi pada siapapun, hal ini biasanya berkaitan dengan sesuatu hal, misalnya karena kehilangan, ketakutan atau ketika anda sedang berada di suatu kondisi atau keadaan yang sedang terjepit.

Dan yang perlu anda ketahui, rasa takut merupakan hal yang tidak mencerminkan seseorang tersebut lemah, namun rasa panik bisa dikatakan sebagai sebuah naluri yang yang alami terjadi pada setiap orang.

Rasa panik umumnya memliki perbedaan dengan rasa takut dan cemas menurut psikologi berbeda, namun yang membuat perbedaan itu hampir sama dikarenakan sama-sama merupakan sebuah perasaan yang memang tidak menyenangkan.

Terlebih jika anda merasakan panik yang berlebihan, hal tesebeut tentu akan sangat menguras energy yang ada di dalam tubuh,bahkan bisa menjadi gejala konflik trauma stres dan frustasi, sehingga mengakibatkan anda merasa kesulitan untuk bisa lebih semangat dan juga menjalani kehidupan dengan baik.

Menghilangkan rasa panik ini memang tidak bisa dilakukan dengan sendirinya, karena membutuhkan beberapa cara yang harus dilakukan, meskipun tidak mudah, namun masih bisa untuk dihilangkan, asalkan ada keinginan yang cukup keras dari diri anda tentunya. nah untuk itu dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara menghilangkan panic yang berlebihan.

1. Mengenali pemicu timbulnya rasa panik.

Ketika seseorang mengalami rasa pani, hal tersebut berkaitan dengan gejala cemas dalam psikologi. tentunya ada hal-hal yang menjadi pemicu dari rasa panic tersebut, nah sebelum anda mencari cara untuk menghilangkannya, alangkah baiknya kenali terlebih dahulu mengenai rasa panik yang anda alami, sehingga pada akhirnya nanti anda bisa lebih fokus untuk mencari pencegahan dari rasa panic yang sedang terjadi pada diri anda, agar nantinya tidak akan terulang kembali dan membuat anda merasa panic yang berlebihan.

2. Melakukan segala sesuatu yang disukai

Salah satu cara untuk bisa mengatasi rasa panic yang berlebihan pada diri anda adalah dengan melakukan segala hal yang memang anda sukai, misalnya anda memiliki hoi jalan-jalan, anda bisa bersenang-sennag meskipun hanya jalan-jalans sebentar ke mall, atau jalan di sekeliling rumah, atau anda menyukai flm, tidak ada salahnya juga nonton bioskop bersama teman atau pasangan , sehingga nantinya anda akan jauh lebih katif, dan sedikit demi sedikit bisa menghilangkan kepanikan yang sedang anda alami.

3. Menarik nafas dalam- dalam

Saat anda mulai merasakan panik dikarenakan sesuatu hal, sebaiknya anda belajar sebuah teknik pernafasan yang bisa membuat anda jauh lebih tenang, misalnya dengan menarik nafas dalam-dalam, kemudian menghembuskannya secara perlahan, atau anda juga bisa melakukan menghitung secara perlahan satu sampai dengan 10, cara ini juga bisa dikatakan cukup ampuh agar bisa membuat diri anda jauh lebih tenang.

4. Sering- seringlah tersenyum

Seberapa paniknya anda ketika sedang menghadapi sebuah persoalan, sebaiknya and amulai untuk meregnagkan otot anda dengan cara tersenyum.

Tenangkan diri anda dan terus focus agar bisa menghilangkan rasa panic yang ada di dalam diri anda. karena jika bukan anda yang mencobanya sendiri tidak akan ada yang bisa membuat diri anda lebih tenang, selain itu dengan banyak tersenyum juga bisa membuat anda berfikir jauh lebih positip.

5. Katakan pada diri anda “ semua akan baik”

Saat anda sudah mulai merasakan panik yang berlebihan, sebaiknya ambil waktu sesaat untuk diri anda, dan juga katakana pada diri anda jika semua akan baik- baik saja, selain bisa membuat anda jauh berfikir lebih positip, anda juga bisa jauh lebih tenang, dan terhipnotis dengan perkataan anda tersebut, dimana bisa membuat anda tidak akan panic lagi.

6. Hindari konsumsi cafein

Di dalam caffeein terdapat sebuah zat yang dapat meningkatkan rasa cemas dna juga panic, untuk itu sebaiknya ketika anda mulai meraskan cemas atau panic hindari mengkonsumsi cafeein atau juga kopi secara berlebihan, sehingga dengan Mengurangi caffeein bisa membuat anda lebih Mengurangi rasa panic yang anda alami.

7. Buat rasa panic menjadi hal positif

Ketika anda sedang merasakan panik, sebaiknya jangan terlalu menanggapi rasa panik yang sedang anda rasakan tersebut, anggap hal tersebut hanya sebuah hal yang bisa membawa anda kepada sesuatu hal yang negative, dan paksakan diri anda juga bahwa semua yang anda rasakan tersebut akan baik-baik saja.

8. Mendengarkan music
Sudah merupakan hal umum jika music seringkali digunakan sebagai cara terapi yang digunakan untuk menghilangkan rasa panic berlebihan, khususnya music-musik yang memiliki irama menenangkan, dengan mendengarkannya pikiran akan menjadi lebih positip dan hati anda pun akan terasa lebih tenang, sehingga rasa cemas dan juga panic yang berlebihan pada diri anda pun secara perlahan akan berkurang.

9. Tenangkan diri anda ketika panik

Saat anda sedang merasakan panic sebaiknya buatlah daftar hal-hal yang bisa membuat anda jauh lebih tenang, mislanya dengan menghirup udara segar, mendengarkan musik atau juga berdiam diri pada suatu tempat yang tenang, sehingga setelah anda menenangkan diri anda, nantinya bisa membuat perasaan dan juga hati anda menajdi jauh lebih nyaman dan juga lebih tenang.

Jangan lupa fokuskan perhatian anda tersebut pada sesuatu hal tersbeut, dan jangan terlalu larut oleh perasaan tersebut.

10. Fokus dengan apa yang anda rasakan

Ketika anda sedang panik, akan ada perasaan lain yang muncul satu-persatu, dna hal tersebut tentunya akan sangat membuat anda semakin memikul beban yang berat, sebaiknya jangan menghindari perasaan tersebut, namun pahami sebenarnya apa yang sedang terjadi pada diri anda. misalkan ketika anda sedang panic kemudian ada gejala seperti tangan berkeringat, kepala pusing atau gemetar, sebaiknya fokuskan rasa itu dan berkata bahwa hal tersebut hanyalah sementara.

11. Duduk santai

Menurut teori kecemasan, ketika sedang merasakan panik sebaiknya jangan dalam keadaan berdiri, karena panic dalam keadaan berdiri malah akan semakin membuat rasa panik anda semakin berlebihan, carilah tempat duduk yang bisa membuat anda jauh lebih santai, tenangkan diri anda dan jangan pernah membuat rasa panic tersebut sebagai beban yang bisa membuat anda tidak dapat mengendalikan kondisi emosi anda.

12. Mencari bantuan psikolog

Jika rasa panik yang dirasakan sudah tidak bisa anda kendalikan, sebaiknya cari bantuan psikolog atau terapis yang membuat anda lebih nyaman dan mengutarakan apa yang anda rasakan. Dengan bantuan professional tersbeut juga bisa membuat anda jauh lebih dapat mengendalikan rasa panic yang terjadi.

Tags: #12 Cara Menghilangkan Panik yang Berlebihan

Leave a reply "12 Cara Menghilangkan Panik yang Berlebihan"