14 Cara Mengatasi Trauma Sosial Dengan Terapi

10 views

Trauma sosial, social anxiety disorder atau gangguan kecemasan sosial merupakan rasa takut ekstrem yang timbul dari situasi sosial yang asing atau merasa seperti sedang diawasi oleh orang lain yang menjadi salah satu dari macam macam trauma dalam psikologis. Trauma sosial ini bisa terjadi karena berbagai keadaan tidak menyenangkan yang dialami seseorang seperti dicopet, pelecehan seksual atau berbagai kondisi lain yang bisa menyebabkan seseorang menjadi trauma dengan situasi di depan banyak orang. Trauma sendiri memiliki arti bekas dari sebuah peristiwa negatif yang terjadi di masa lalu yang sering dihubungkan dengan tekanan emosional dan psikologis seseorang. Ada beberapa cara mengatasi trauma sosial yang bisa dilakukan dan beberapa diantaranya akan kami jelaskan berikut ini.

  1. Kenali Pemicunya

Jika trauma sosial anda alami, maka hal terpenting yang harus dilakukan adalah mengenal lebih baik apa saja hal yang membuat anda menjadi trauma psikologis tersebut. Setiap orang memiliki trauma sosial yang berbeda beda dan juga gejala fisik yang bisa ditimbulkan dari trauma tersebut juga bisa berbeda beda. Untuk itu, akan lebih baik jika anda mengetahui situasi apa saja yang sampai membuat anda mengalami trauma sosial agar nantinya bisa lebih mudah diatasi.

  1. Berdoa

Berdoa dan mendekatkan diri pada Tuhan menjadi cara efektif untuk menghilangkan trauma sosial. Anda bisa berdoa dan memohon agar trauma yang anda alami tersebut bisa dihilangkan yang sekaligus juga bisa memberikan efek positif untuk kesehatan jiwa seseorang. Dengan berdoa, maka pikiran akan menjadi lebih tenang dan damai sehingga secara perlahan trauma sosial yang dialami juga berangsur angsur bisa berkurang dan tentunya menghilangkan trauma masa lalu yang sudah dialami.

  1. Gerakan Mata Desensitisasi dan Reprocessing

Gerakan Mata Desensitisasi dan Reprocessing atau biasa disebut dengan EMDR bisa membantu untuk menyembuhkan berbagai macam trauma seperti pelecehan seksual dan fisik, cara mengatasi trauma perselingkuhan, trauma kecelakaan, kesedihan termasuk juga untuk mengatasi trauma sosial. Treatment ini bekerja dengan cara memakai gerakan mata kiri dan kanan atau gerakan berulang lainnya yang dikombinasikan dengan psikoterapi untuk membantu penderita dari trauma.

Salah satu manfaat besar dari metode ini adalah bisa bekerja dengan cepat. Dalam sebuah studi bahkan memperlihatkan jika sampai 90% pasien trauma tidak lagi mengalami stres pasca trauma hanya dengan melakukan tiga sesi masing masing 90 menit. Di tangan seorang terapis berpengalaman, EMDR ini bisa dijadikan alat untuk menyembuhkan trauma sosial. Namun jika dilakukan terapis yang tidak berpengalaman, maka hanya bisa menyebabkan trauma semakin buruk bahkan bisa berubah menjadi berbahaya.

  1. Teknik Kebebasan Emosi

Teknik kebebasan emosi atau emotional freedom technique [EFT] dari hasil sebuah penelitian mengungkapkan jika masalah emosional dan trauma bisa diatasi dengan menggabungkan unsur terapi kognitif dengan terapi pemaparan di beberapa titik akupuntur tubuh. Uji klinis dan penelitian membuktikan jika EFT menjadi pengobatan efektif untuk mengatasi fobia, stres pasca trauma termasuk juga trauma sosial dan juga cara mengatasi trauma dalam rumah tangga.

Metode ini bisa mengurangi dampak emosional dari ingatan yang memicu terjadinya trauma dengan hasil cepat sekaligus akurat. Penambahan stimulasi akupresur untuk paparan psikologis singkat nantinya akan mengirimkan sinyal langsung ke otak yang disebut dengan amygdala untuk mengurangi efek respon ancaman yang ada di dalam tubuh.

  1. Craniosacral Therapy [CST]

Craniosacral therapy atau terapi kraniosakral merupakan modalitas ringan yang bekerja pada seluruh tubuh untuk membantu mengatasi rasa tidak nyaman, sakit dan juga cara mengatasi trauma berkepanjangan. Terapis nantinya akan meletakkan tangannya di beberapa bagian tubuh sekaligus memonitor perubahan yang terjadi pada jaringan tubuh. Teori dari metode ini adalah ketika seseorang mengalami peristiwa traumatis seperti trauma sosial, maka emosi terkait dengan peristiwa tersebut akan terjebak di dalam tubuh dan metode ini bekerja untuk melepaskan emosi yang tersimpan tersebut.

  1. Trauma Sensitive Yoga [TSY]

Yoga sudah sejak lama digunakan karena bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan termasuk stres dan bahkan bisa digunakan untuk cara mengatasi trauma dalam cinta. TSY ini merupakan metode baru yang pada tahun 2003 tercipta di Trauma Center Brookline, Massachussets sebagai terapi tambahan untuk trauma. Yoga ini sangat berguna untuk mengatasi stres pasca traumatik yang kronis.

Dengan menggunakan prinsip dan praktek yoga, maka nantinya emosi bisa lebih stabil sekaligus membantu untuk mengatasi masalah emosional dan perilaku termasuk trauma sosial dan stres pasca trauma. Metode ini nantinya akan fokus pada teknik pernapasan dan meditasi dengan gerakan yang lembut.

  1. Akupuntur

Akupuntur juga bisa digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk trauma seperti trauma sosial. Jarum khusus nantinya akan dimasukkan pada beberapa titik tertentu tubuh untuk mencegah dan meringankan masalah kesehatan, mengatasi kecemasan, masalah tidur, trauma dan lain sebagainya.

  1. Long Exposure [PE]

Terapi ini dilakukan dengan cara klien yang menceritakan tentang memori trauma secara detail bersama dengan pikiran dan juga emosi dari awal hingga akhir. Dengan melakukan terapi ini, nantinya klien akan diberi kesempatan untuk belajar jika trauma sosial tersebut tidak lagi menyakitkan dan ini menjadi salah satu perawatan yang efektif dan sudah terbukti khususnya bagi orang dewasa yang juga bisa digunakan untuk cara mengatasi trauma akibat bencana alam.

  1. Terapi Proses Kognitif

Ini merupakan variasi yang melibatkan klien untuk menuliskan trauma sosial yang dialami dibandingkan dengan bicara. Umumnya, terapi ini digunakan untuk beberapa trauma sosial seperti perkosaan dan berbagai tindakan tidak menyenangkan yang terjadi di luar rumah dan juga sudah terbukti efektif untuk dilakukan.

  1. Metode Perhitungan

Dalam metode perhitungan, klien yang mengalami trauma sosial akan memvisualisasikan film dari memori trauma dari mulai awal hingga akhir yang juga bisa digunakan untuk cara mengatasi trauma tenggelam. Sedangkan terapis nantinya akan menghitung dari satu sampai seratus. Visualisasi, batas waktu dan juga gangguan perhitungan bisa membantu membuat prosedur ini bisa lebih ditoleransi yang bisa digunakan untuk mengatasi trauma sosial pada orang dewasa.

  1. Terapi Bermain Terstruktur

Ini merupakan gaya terapi direktif dan terstruktur yang akan memandu penderita trauma sosial anak anak untuk berulang kali melewati memori trauma tersebut dalam bentuk simbolik. Ini bukanlah seperti pendekatan pengobatan manyal lain namun tetap menjadi cara yang efektif untuk cara menghilangkan trauma pada anak khususnya trauma sosial.

  1. Membuang Pikiran Buruk

Untuk mengatasi trauma sosial selanjutnya bisa dilakukan dengan cara menciptakan kenyataan diri sendiri dan menarik segala sesuatu yang terjadi pada diri sendiri. Sebagian besar hal baik dan buruk yang terjadi merupakan hasil dari pikiran dan perasaan diri sendiri sehingga semua hal tersebut harus dibuang untuk bisa sembuh dari trauma sosial tersebut. Cara pertama yang bisa dilakukan adalah membuat semua pikiran dan perasaan negatif dengan jujur. Pikirkan juga setiap keraguan, frustasi, rasa putus asa, jengkel, konflik dan juga stres yang dimiliki dan bicarakan hal tersebut dengan orang lain yang bisa dipercaya.

Ungkapkan semua hal buruk yang dirasakan karena semakin jujur semuanya dikatakan, maka semakin bisa memberikan rasa lega dan akan ada perubahan sesudah hal ini dilakukan. Selain itu, penderita bisa memiliki acara inspiratif untuk dilihat dan membaca berbagai kutipan yang bisa memberikan semangat positif. Jika memang ingin berkomitmen untuk bisa keluar dari trauma dan hidup lebih positif, maka langkah langkah ini juga sangat penting untuk dilakukan.

  1. Terapi Musik Traumatic Eliminating

Terapi musik eliminating dikembangkan dari teknologi brainware atau gelombang otak yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas hidup manusia dengan menyembuhkan segala penyakit atau gangguan psikologis. Terapi musik ini bekerja dengan cara mengakses pikiran bawah sadar yang kemudian akan melakukan pemrograman dengan skrip visualisasi yang sudah disesuaikan dan akan membawa penderita untuk per ke tempat dan waktu dimana peristiwa traumatis tersebut terjadi.

Dengan mengatasi memori lama tersebut secara sadar, maka akan membuat penderita bisa lebih paham tentang kejadian tersebut kemudian mulai untuk melihatnya dengan cara yang bukan lagi sebuah ancaman sehingga trauma sosial bisa dihilangkan.

  1. Lawan Rasa Takut Tersebut

Cara selanjutnya untuk mengatasi trauma sosial adalah dengan melawan rasa takut yang dirasakan. Ini menjadi hal paling berat yang dilakukan yakni mengatasi rasa takut itu sendiri. Yakinkan pada diri sendiri jika tidak apa apa untuk pergi keluar karena situasi tidak lagi seperti kejadian yang dulu dan sudah lebih aman. Berikan afirmasi positif pada diri sendiri sehingga akhirnya trauma sosial tersebut bisa disembuhkan.

Tags: #14 Cara Mengatasi Trauma Sosial Dengan Terapi

Leave a reply "14 Cara Mengatasi Trauma Sosial Dengan Terapi"