6 Gejala Cemas Secara Psikologis Yang Patut Diwaspadai

22 views

Setiap orang pernah mengalami yang namanya perasaan gugup, cemas dan gelisah. Namun, tidak begitu saja berlebihan bahkan menunjukkan gejala yang berlebihan. Apabila seseorang sudah mengalami gejala gelisah, cemas dan gugup berlebihan dan sering itu sudah menjadi pertanda tidak normal. Contoh cara mengatasi gangguan kecemasan sosial dengan efektif.

Umumnya dibalik itu semua terdapat indikasi penyakit jiwa atau mental yang terganggu. Nah, untuk mengetahui apa saja gejala cemas secara psikologis berikut ini contoh dan penjelasan yang perlu  diketahui :

1. Rasa Khawatir Yang Berlebihan

Perasaan awal kecemasan yaitu adanya gangguan yang bersifat tidak umum. Dirasakan dan timbul pada situasi tertentu seperti rasa cemas akan bayangan, hewan, dan hal lainnya. Apabila perasaan takut itu menjadi luar biasa maka akan keluar dari proporsi risiko yang sebenarnya, hal itu dinamakan fobia.

Perasaan fobia sering tersembunyi hingga akhirnya pasien akan bertemu dengan satu hal yang membuatnya merasa benar-benar takut. Berikut ini cara mengatasi gangguan cemas menyeluruh pada diri sendiri.

2. Ketakutan Yang Tidak Jelas

Perasaan takut yang muncul kadang tidak jelas datang darimana dan apa penyebabnya. Bisa saja seseorang tersebut mengalami rasa takut yang tidak masuk akal. Dan terkadang bisa sampai kepada ketakutan yang tinggi.

Hal ini bisa bersifat lama dan ada yang sesaat, rasa ini dapat membuat pasien berada pada tingkat yang dramatis apabila sangat parah. Ketahuilah beberapa perbedaan takut dan cemas dalam psikologi.

3. Masalah Tidur Terganggu

Berikut ini gejala cemas secara psikologis yang lain dan sering mengganggu adalah kenyamanan tidur menjadi terusik. Pasien akan mengalami insomnia sampai berlarut-larut. Hal ini yang menjadi penyebab pasien semakin memburuk kondisi fisik juga psikisnya.

Karenanya diperlukan tindakan medis dan juga terapi psikiater guna menanggani kondisi tersebut. Dampak dan faktor penyebab gangguan kecemasan dalam psikologi.

4. Nafsu Makan Menurun

Dampak lain dari rasa cemas yang tidak terkontrol yaitu menyebabkan nafsu makan menurun. Kondisi ini memang mempengaruhi pola pikir, sehingga perasaan pasien melihat dan merasakan makanan tidak bernafsu. Kondisi ini juga bisa disebabkan oleh pikiran, perasaan dan mental yang terganggu oleh hal lain.

Sehingga untuk makan pasien tidak merasakan rasa lapar. Perlu diperhatikan pula aspek aspek kecemasan dalam psikologi yang sangat penting untuk diketahui.

5. Timbul Rasa Panik

Perasaan cemas campur panik juga dialami apabila kondisi mental terganggu. Terkadang rasa panik yang berlebihan dan tanpa sebab yang jelas. Hal demikian akan semakin buruk apabila tidak segera diatasi dengan baik dan tepat.

Sangat disarankan agar pasien dengan tingkat panik tertentu segera berkonsultasi kepada ahli dibidangnya. Ketahui kaitannya hubungan efikasi diri dengan kecemasan.

6. Adanya Rasa Trauma

Perasaan takut dan trauma juga menjadi salah satu perasaan yang kuat jika pasien mengalami rasa cemas akibat mental terganggu. Ketakutan yang luar biasa dan terkadang sangat berlebihan. Trauma berat memang sangat mempengaruhi kejiwaan seseorang di masa mendatang.

Karenanya apabila pasien mengalami hal tersebut penting untuk segera diobati baik medis maupun non medis. Ini dia cara mengatasi kecemasan menurut psikologi.

Namun, ada beberapa cara pengobatan juga pencegahan yang bisa dilakukan agar perasaan cemas bisa terkendali secara normal :

  • Membuka diri untuk pergaulan, cobalah untuk menerima hal baru dan menikmati apapun yang Anda inginkan.
  • Ikutlah komunitas yang Anda sukai, banyak perkumpulan komunitas yang bisa menghibur dan menambah teman baru.
  • Luangkan waktu untuk mengembankan bakat dan hobi Anda, agar perasaan gelisah menjadi hilang dan Anda menjadi terhibur.
  • Lakukan olah raga ringan seperti yoga, dan juga meditasi, hal ini bisa membuat Anda rileks dan tenang. Panduan cara mengatasi anxiety disorder atau disebut dengan gangguan kecemasan.
  • Apabila kondisi depresi terbilang parah, maka konsultasikan keadaan Anda kepada ahli seperti psikiater, psikolog atau terapi mental.
  • Mencoba mendekatkan diri kepada Tuhan, beribadah dan berdoa dengan khusyu. Sehingga pikiran menjadi lebih tenang dan ikhlas.
  • Lakukan perawat diri yang dapat membuat pikiran serta jiwa Anda tenang seperti terapi massage, spa dan sebagainya.

Masih banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat hidup lebih berharga, pentingnya menerima apapun itu tanpa menuntut tidak sesuai dengan kemampuan. Bersyukur dan berlapang dada menjadikan Anda lebih bisa menerima apapun kekurangannya. Semoga penjelasan mengenai gejala cemas secara psikologis menjadi manfaat untuk Anda.

Tags: #6 Gejala Cemas Secara Psikologis Yang Patut Diwaspadai

Leave a reply "6 Gejala Cemas Secara Psikologis Yang Patut Diwaspadai"