7 Cara Menghadapi Quarter Life Crisis

11 views

Anda pernah mengalami rasa jenuh, bosan atau bahkan tidak bahagia atas kehidupan yang Anda alami?, jika iya Anda patut mewaspadai gejala dari Quarter Life Crisis.

Apa itu maksudnya?, Quarter life crisis adalah sebuah fenomena yang terjadi pada saat seseorang memasuki usia di awal dewasa, yaitu sekitar di antara usia 25 sampai dengan 35 tahun, hal ini dapat berlangsung setidaknya satu tahun. Berikut ini contoh psikologi proyeksi dalam kehidupan sehari hari.

Tidak semua orang mengalami quarter life crisis, namun tidak ada salahnya jika Anda bisa memahami fenomena krisis ini dan mengetahui bagaimana cara untuk mengatasinya. Nah, berikut ini cara menghadapi quarter life crisis yang bisa Anda lakukan:

1. Jangan Membandingkan Dengan Orang Lain

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan jika mengalami kondisi quarter life crisis adalah dengan tidak membandingkan diri Anda dengan orang lain.

Memang adanya kalanya perbandingan itu sangat penting, namun bukan untuk kondisi seperti hal ini. Justru Anda harus bisa mengambil sisi baik dari orang yang Anda bandingkan supaya hidup Anda menjadi lebih baik. Anda dapat mencoba cara menghadapi Body Shaming dalam kehidupan sehari – hari.

2. Stop Menyalahkan Diri Sendiri

Cara menghadapi quarter life crisis selanjutnya dengan berhenti menyalahkan diri Anda sendiri. Apapun tujuan dan hidup yang dijalani terima apa adanya dan juga harus bersyukur. Anda harus bisa melihat orang lain yang tidak seberuntung dengan Anda, sehingga Anda akan lebih menikmati juga menghargai hidup Anda.

3. Menerima Diri Apa Adanya

Jangan lupa untuk menerima apapun kenyataan yang Anda hadapi. Hidup Anda sesuai dengan apa yang Anda pikirkan dan lakukan, jadi kalau bisa carilah kegiatan yang positif dan menyenanhkan, agar Anda dapat memaknai hidup lebih terbuka dan mampu menerimanya dengan iklas. Kiat dan cara meningkatkan wibawa dan kharisma Anda.

4. Berkonsultasi Kepada Teman Atau Orang Yang Dipercaya

Berikutnya hal yang bisa Anda lakukan dan cara menghadapi quarter life crisis yaitu dengan mencari teman atau kerabat yang Anda percayai.

Anda bisa curhat atau menceritakan keluh kesah Anda selama ini. Curahkan apa yang ingin Anda sampaikan, hal ini akan membuat Anda lebih lega dan bisa mendapat inspirasi serta nasihat dari sahabat dan kerabat Anda.

5. Kembangkan Minat Baru

Selain itu, Anda juga bisa mencari tahu dan mengembangkan bakat serta hobi terpendam Anda selama ini. Jika Anda menyukai dunia musik, Anda bisa mencoba untuk mengambil kursus atau latihan bernyanyi.

Dengan hal tersebut tentu Anda akan jauh lebih bahagia dan juga Anda bisa menyalurkan rasa bahagia tersebut ke dalam dunia baru, yang jauh lebih menyenangkan. Berikut ini penjelasan hubungan kesehatan mental dengan bimbingan konseling.

6. Ikutlah Dengan Komunitas

Satu lagi cara menghadapi quarter life crisis agar Anda bisa bahagia adalah bergabunglah dengan komunitas yang Anda sukai.

Contoh komunitas hewan peliharaan, hal ini akan membuat Anda lebih sibuk dan juga ada hewan kesayangan yang bisa menjadi kebahagiaan Anda. Hewan seperti anjing, kucing, musang dan sebagainya bisa menjadi teman dan menghibur hidup Anda. Apalagi mereka lucu dan juga menggemaskan.

7. Jangan Lupa Berdoa Kepada Tuhan

Hal yang tidak boleh dihilangkan adalah berdoa kepada Tuhan, hal ini jauh lebih mujarab dari hal apapun.

Dengan Anda beribadah dan berdoa, maka hati dan jiwa Anda akan merasa lebih tenang, rileks dan juga fokus. Sehingga hal yang tidak menyenangkan dapat Anda tepis dengan perasaan tersebut.

Jiwa yang damai dan bahagia merupakan hubungan baik Anda dan Tuhan. Penting untuk diketahui yaitu manfaat psikologi Agama dalam kehidupan sehari hari.

Demikianlah contoh dan penjelasan mengenai cara menghadapi quarter life crisis, semoga bermanfaat dan bersyukur akan hidup itu jauh lebih baik.

Tags: #7 Cara Menghadapi Quarter Life Crisis