7 Dampak Positif dan Negatif Budaya Asing Bagi Remaja

20 views

Setiap budaya yang dibawa dari luar kebiasaan budaya lokal memiliki perubahan dan dampak, baik dampak negatif dan dampak positif. Setiap anak remaja juga tidak semua dapat dipengaruhi dengan mudah atas perubahan budaya tersebut. Contoh beberapa peran remaja dalam melestarikan budaya Indonesia.

Adakalanya mereka dapat membentengi diri dengan berbagai cara supaya budaya yang buruk tidak berpengaruh secara ekstrem. Berikut ini beberapa contoh penjelasan mengenai dampak positif dan negatif budaya asing bagi remaja yang patut diketahui :

1. Hilanganya Nilai Budaya Lokal Dalam Jiwa Remaja

Salah satu contoh dampak negatif budaya asing yang masuk ke Indonesia bagi remaja yaitu hilangnya nilai budaya lokal seperti contoh menghormati orang tua, kebiasaan memberi salam kepada orang tua dan sebagainya.

Oleh karena itu, jika tidak dibentengi dengan sikap komitmen yang tinggi budaya asing yang buruk akan mempengaruhi jiwa remaja dengan cepat dan bisa merusak.

2. Menurunkan Rasa Nasionalisme

Dampak positif dan negatif budaya asing bagi remaja selanjutnya adalah menghilangkan rasa nasionalisme pada remaja.

Kebiasaan menggunakan budaya negara lain yang buruk bisa mengikis rasa kebanggaan terhadap produk bangsa sendiri.

Contohnya remaja yang suka dengan produk buatan negara lain dibanding dengan produk negara sendiri, membeli makanan merk asing dan tidak mau mencoba makanan asli Indonesia, dan masih banyak lagi lainnya. Berikut dampak dan penyebab gangguan kesehatan mental dari faktor sosial budaya yang harus diwaspadai.

3. Timbul Kesenjangan Sosial Di Kalangan Remaja

Faktor dampak buruk dari budaya asing lain adalah menimbulkan kesenjangan sosial di kalangan remaja. Hal ini akan memacu persaingan baik dalam bidang pendidikan, teknologi, gaya hidup dan sebagainya.

Contoh pemakaian handphone di kalangan remaja, persaiagan berbahasa asing, berlomba dalam hal berpakaian dan lain – lain sebagainya.

4. Memunculkan Kemajuan Budaya

Hal lain yang menjadi dampak positif dan negatif budaya asing bagi remaja dalam perkembangan budaya adalah membuat budaya lokal menjadi terkenal di kalangan negara lain.

Pertukaran budaya bisa membuat budaya lokal menjadi icon baru bagi warga asing dan membuka kesempatan budaya lokal dipelajari dan dikenal sebagai budaya internasional yang layak diacuki jempol. Kiat dan cara menyikapi budaya asing baik yang positif dan juga negatif bagi anak remaja.

5. Meningkatkan Kreativitas dan Inovasi Remaja

Budaya asing yang masuk ke Indonesia yang berdampak baik bagi remaja, salah satunya mampu meningkatkan kreativitas dan juga inovasi dalam berbagai bidang.

Apalagi remaja mendapat kesempatan untuk berlatih dan diberikan wadah sebagai media untuk menyalurkan ide kreatif yang inovatif, selain bermanfaat juga bisa membuka kesempatan bekerja pada saat mereka berusia cukup.

6. Pertukaran Budaya Memberi Kesempatan Remaja Untuk Maju

Dampak positif dan negatif budaya asing bagi remaja lain yang bermanfaat mampu memberikan pemikiran dan juga sikap yang maju juga berkembang bagi remaja.

Remaja menjadi lebih bijaksana dan juga bertanggungjawab, sehingga tidak mudah tertipu oleh kemunduran, kebodohan dan juga kejahatan. Kemajuan budaya juga berpengaruh kepada kemajuan teknologi yang membawa remaja menjadi lebih inovatif. Kenali pengaruh budaya dalam perkembangan remaja sampai usia mereka dewasa.

7. Remaja Semakin Pintar dan Berpikir Kritis

Tidak hanya memiliki sikap kreatif dan inovatif, remaja juga mampu berpikir kritis akibat dampak budaya asing yang masuk.

Setiap hal yang tidak mereka ketahui atau tidak sesuai dengan budaya asal, akan dicari tahu mengenai mengapa, apa, dimana, dan lain sebagainya. Remaja jadi banyak tahu dan memiliki pengalaman baru tentang hal yang sebelumnya mereka tidak tahu.

Apaoun budaya yang dibawa oleh negara luar, memang bijaknya disaring sebelum ditampilkan, agar dampak buruk tidak membuat remaja Indonesia menjadi remaja yang lupa akan budaya, agama, kebiasaan, adat yang sudah ada sebelumnya. Contoh dampak dan pengaruh budaya terhadap kesehatan mental anak remaja.

Demikian penjelasan mengenai dampak positif dan negatif budaya asing bagi remaja, semoga menjadi manfaat dan pembelajaran dalam kehidupan remaja di masa mendatang.

Tags: #7 Dampak Positif dan Negatif Budaya Asing Bagi Remaja

Leave a reply "7 Dampak Positif dan Negatif Budaya Asing Bagi Remaja"