7 Dampak Positif dan Negatif Pergaulan Bebas Bagi Remaja

6 views

Bersosialisasi terhadap lingkungan dan sesama manusia memang menjadi kodrat setiap mahluk dalam berkehidupan.

Tidak menutup bagi remaja usia belia, mencari jati diri dan pengalaman baru dalam hidupnya. Pergaulan dalam kehidupan remaja kelak akan membawanya kepada masa depan yang baik atau buruk, karena jika awalnya sudah buruk akan sulit merubah ke kondisi yang baik. Berikut ini cara menghindari pergaulan bebas pada remaja.

Contoh pergaulan dalam lingkungan sekolah, jika tidak pandai memilih remaja bisa terjerumus kepada teman yang membawa dampak buruk narkoba, tawuran, bolos sekolah dan sebagainya. Untuk mengetahui dampak positif dan negatif pergaulan bebas bagi remaja yang perlu diwaspadai, berikut contohnya :

1. Terjerumus Kepada Narkoba

Salah satu contoh dampak buruk pergaulan bebas bagi remaja dapat menimbulkan pengaruh kepada obat – obatan seperti narkoba, obat penenang dan sebagainya.

Remaja yang cenderung ingin mencoba hal baru, jika tidak disaring dalam bergaul maka bisa saja memilih teman yang salah. Jadi peran orangtua sangat penting dalam memilih teman dan bergaul anak, untuk menghindari kenakalan remaja yang menyimpang. Contoh pengaruh negatif kenakalan remaja dalam masyarakat disekitarnya.

2. Tawuran Remaja

Dampak positif dan negatif pergaulan bebas bagi remaja lain secara negatifnya adalah remaja mudah terbawa kepada kenakalan remaja, seperti terjadi tawuran, bullying, provokasi dan masih banyak lagi lainnya.

Usia remaja memang rentan terhadap provokasi dan isu yang tidak jelas kebenarannya, dan faktor emosi yang labil. Sehingga sangat mungkin terjadi penyimpanangan kenakalan remaja karena salah dalam bergaul dan terlalu bebas tanpa tahu batasan yang baik dan benar.

3. Seks Bebas

Dampak buruk lain dalam bergaul secara bebas bagi remaja yaitu bisa berdampak kepada seks bebas, banyak remaja yang ingin mencoba dan ingin tahu mengenai hal tersebut.

Jika salah dalam memilih jalan dan pertemanan bisa saja remaja akan mencoba melakukan hal tersebut, dan sudah pasti dampaknya sangat vatal.

Selain ia akan terkucil dalam status sekolahnya, terhina secara agama, kemarahan dari orangtua, juga penyakit yang akan diderita sangat serius.

Jadi peran orang tua sangat penting dalam pengawasan setiap kegiatan anak remaja. Beberapa dampak psikologis akibat seks bebas yang wajib orangtua ketahui.

4. Minuman Keras dan Rokok

Selain hal tersebut dampak buruk lain pergaulan bebas adalah terpengaruh kepada minuman keras dan rokok. Katanya kalau tidak merokok apalagi mencoba minuman keras tidak gaul bahkan dijauhi dari komunitas dan pergaulan.

Padahal jika mereka pandai memilih dan mengetahui apa dampak buruk hal tersebut tentu mereka akan menjauhi hal yang membawa kepada petaka.

5. Memiliki Teman Yang Banyak

Dampak postif dalam pergaulan bebas salah satunya remaja menjadi lebih banyak teman, baik dari kalangan seusinya sampai kepada usia dewasa.

Mereka akan mudah diterima karena bisa bersosialisasi dengan baik, dan bisa beradaptasi dengan lingkungan baru. Sehingga kemanapun pergi mereka memiliki solidaritas yang tinggi dan toleransi satu sama lainnya. Sangat penting peran orang tua dalam pembinaan anak remaja dari sekarang.

6. Pengalaman Baru

Contoh dampak positif dan negatif pergaulan bebas bagi remaja lain adalah mereka memiliki pengalaman, pengetahuan, minat, teman baru yang bisa memberikan sebuah semangat, informasi dan saling bertukar pikiran menghadapi permasalah yang ada.

Pengalaman baru membuat para remaja belajar untuk lebih mandiri, menghargai dan mampu berpikir secara bijak tentang kondisi, situasi dan lingkungan baru.

7. Mampu Berpikir Secara Dewasa 

Karena memiliki teman yang banyak dan pergaulan yang bebas, manfaat yang dirasakan anak remaja menjadi memiliki pola pikir dan sikap yang dewasa.

Semakin pengetahuan dan wawasannya terbuka maka membuat mereka semakin mengerti dan bisa memahami apa yang baik dan apa yang tidak baik. Sehingga mampu mengatasi semua masalah dengan kepala dingin. Berikut contoh dukungan dan peran keluarga dalam perkembangan remaja yang penting dilakukan oleh orang tua.

Sekian penjelasan mengenai dampak positif dan negatif pergaulan bebas bagi remaja, semoga menjadikan pengetahuan dan manfaat untuk Anda dalam mengawasi anak remaja Anda bergaul secara baik dan tepat.

Tags: #7 Dampak Positif dan Negatif Pergaulan Bebas Bagi Remaja

Leave a reply "7 Dampak Positif dan Negatif Pergaulan Bebas Bagi Remaja"