7 Manfaat Tertawa Untuk Kesehatan Mental

22 views

Dengan senyuman, seseorang dapat terlihat lebih cantik dan terkesan ramah. Apalagi jika tertawa, tertawa membuat seseorang akan mengeluarkan energi buruk juga melampiaskan perasaan yang tidak sempat terbuang. Tertawa akan hal yang lucu juga menarik untuk menenangkan perasaan Anda.

Ditambah lagi jika pada saat bersamaan Anda sedang berada pada emosi yang memuncak. Ada beberapa cara menghilangkan bad mood yang sering muncul dan merusak suasana hati Anda. Dengan tertawa pula akan banyak beban yang terlepas secara alami dari beban pikiran Anda.

Namun, jangan sampai tertawa yang berlebihan. Sudah banyak yang tahu dengan tertawa bermanfaat bagi kesehatan jiwa. Tertawa merupakan suatu ekspresi kegembiraan seseorang yang muncul secara spontan tanpa adanya paksaan dan rekayasa. Untuk mengetahui apa saja manfaat tertawa untuk kesehatan mental, berikut ini penjelasannya :

1. Merubah Mood

Manfaat utama yang dihasilkan oleh tertawa adalah dapat merubah mood seseorang. Apabila Anda tertawa mampu merubah moody dari yang tidak baik menjadi baik bahkan sangat baik. Paling disarankan di pagi hari sebelum Anda melakukan kegiatan, pastikan Anda tertawa kecil. Sehingga mood beraktivitas menjadi lebih semangat dan menjalani hari menjadi lebih gembira.

Orang yang jarang tertawa akan terlihat lebih muram. Wajahnya akan tampak lebih cepat tua dan orang akan menjauh akibat malas tertawa alias jutek. Ketahuilah bahwa ada cara tegas terhadap diri sendiri yang patut untuk dicoba.

2. Mencegah Stres

Stres adalah beban yang sering kali menghampiri seseorang. Apabila stres melanda diri Anda,  segeralah cari bahan atau obrolan yang bisa menghilangkannya. Anda dapat menonton komedi, parodi atau sekedar bersendau gurau bersama kerabat sehingga Anda tertawa ria.

Hal inilah yang dapat membangkitkan rasa bahagia sehingga stres dapat hilang seketika. Ada pula cara mengatasi gangguan cemas menyeluruh pada diri sendiri. Dan tentunya hal ini akan sangat berguna bagi Anda.

3. Melancarkan Aliran Darah

Manfaat tertawa untuk kesehatan mental berikutnya adalah dapat memperlancar peredaran darah dalam tubuh. Menarik bukan manfaat yang satu ini. Dengan tertawa, zat dalam tubuh akan bekerja dan membakar kalori jauh lebih tinggi.

Sehingga hal tersebut yang dapat menyebarkan oksigen ke otak lebih lancar dan kesehatan tubuh jadi lebih optimal. Seiringan dengan hal ini terdapat juga cara agar selalu optimis untuk masa depan.

4. Mencegah Perasaan Sedih

Dengan tertawa, mampu menghilangkan perasaan sedih yang sedang dialami. Contohnya saat Anda menonton komedi dan merasa hal tersebut sangat lucu, sehingga Anda tertawa lepas. Dengan demikian perasaan sedih yang ada akan berubah menjadi gembira karena komedi yang Anda tonton. Beberapa kiat dan cara mengatasi gangguan cemas menyeluruh pada diri sendiri.

5. Menyehatkan Tubuh

Tertawa juga dipercaya dapat menyehatkan tubuh. Setiap zat yang tertanam dan mengendap dapat dikeluarkan melalui tertawa. Tertawa mampu memberikan aura pada tubuh Anda agar menjadi lebih berenergi. Dengan tertawa, Anda dapat berpikir sehat serta meningkatkan rasa kepercayaan diri yang tinggi.

Hal yang demikian itu, akan membuat Anda dapat berpikir secara positif akan banyaknya hal yang terjadi dalam kehidupan sehari – hari. Ketahui juga mengenai perkembangan emosi pada masa kanak-kanak akhir.

6. Menghilangkan Perasaan Takut

Selain membuat Anda lebih gembira, tertawa juga bisa menghilangkan perasaan takut. Tertawa mampu membuktikan bahwa ketakutan yang Anda alami bisa disembuhkan. Cukup tertawalah akan suatu hal yang lucu, maka Anda akan merasa gembira dan perasaan takut akan sirna.

Setiap Anda merasa bahagia, maka secara bersamaan perasaan takut pun akan menjauh dan hilang. Hal yang bisa dilakukan dengan cara mengatasi gangguan mood.

7. Menambah Panjang Usia

Siapa sangka manfaat tertawa untuk kesehatan mental bisa membuat seseorang terlihat awet muda. Buktinya orang yang hidupnya selalu tertawa lepas mampu terhindar dari stres dan penyakit. Seolah hidupnya tanpa beban.

Orang yang senang tertawa lebih cenderung memiliki kepribadian ramah, supel, terbuka dan mampu menghadapi setiap persoalan hidup dengan santai. Bukan berarti mereka tidak bisa serius dalam kehidupan. Contoh cara mengatasi stress saat ada masalah.

Nah, masih banyak manfaat tertawa untuk kesehatan mental seseorang yang bisa Anda gali. Namun, semoga penjelasan diatas bisa menambah ilmu baru dan menjadi manfaat dalam menjaga perasaan humor Anda dan tetap tertawa.

Tags: #7 Manfaat Tertawa Untuk Kesehatan Mental

Leave a reply "7 Manfaat Tertawa Untuk Kesehatan Mental"