Cara Membuat Dan Menggunakan Profil Bisnis Di Instagram

10 views

Cara membuat tombol kontak di Instagram – Instagram adalah aplikasi media sosial berbagi foto yang semakin hari semakin berkembang. Banyak fitur baru yang disematkan pada Instagram, seperti artikel yang aku bahas sebelum nya yaitu: Multi Akun yang berguna bagi kamu yang berjualan di Instagram. Nah kali ini Instagram juga telah meluncurkan fitur baru lagi dan sangat bermanfaat juga untuk mendukung dagangan kamu di Internet yaitu Profil Bisnis atau Akun Bisnis Instagram yang menampilkan tombol kontak profil Instagam.

Profil Bisnis Instagram adalah sebuah fitur atau alat yang diluncurkan Instagram beberapa waktu yang lalu dan bermanfaat membuat tokok online kamu laris manis. Profil bisnis Instagram membuat calon konsumen atau calon pelanggan kamu di jangkau dengan lebih baik, dan membuat profil bisnis akun Instagram kamu lebih tepercaya, dah hasilnya dagangan kamu akan lebih cepat laku.

Lihat juga: Cara Berjualan Di Instagram Agar Laris Untuk Pemula

Fitur baru Instagram ini tersedia gratis dan dapat digunakan oleh siapa saja yang ingin akun Instagram nya dikenal sebagai akun bisnis dan bukan sebagai akun pribadi. Fitur ini nantinya bisa kamu manfaatkan untuk berinteraksi dengan pelanggan atau calon konsumen kamu.

Cara Membuat Dan Menggunakan Profil Bisnis Di Instagram

Bila akun pribadi kamu atau akun toko online kamu sudah kamu ubah ke akun bisnis (Profil Bisnis), nantinya kamu bisa mengakses beberapa tombol atau alat bisnis yang mendukung toko online kamu bisa laris manis, seperti:

Tombol Kontak 

Tombol kontak adalah fitur utama yang bermanfaat bagi pelanggan dan calon konsumen kamu. Tombol kontak ini nanti bisa kamu atur atau kamu arah bila ada yang klik menuju ke email, ke panggilan telepon atau pesan teks. Jadi sangat bermanfaat bagi calon konsumen kamu yang ingin membeli dagangan sama kamu dan mereka bisa lebih percaya karena berkomunikasi secara langsung dengan kamu.

Wawasan

Bila tombol kontak sangat bermanfaat bagi konsumen kamu, maka Wawasan atau Insight akan sangat bermanfaat bagi kamu. Disini kamu bisa melihat beberapa fitur penting seperti statistik berapa klik link website hari ini, jumlah penjualan, siapa pengikut kamu, kapan mereka online, menampilkan postingan populer, dan aktivitas followers kamu lainnya.

Fitur Wawasan ini bisa membantu kamu menganalisis dan melihat karakter followers kamu membutuhkan konten seperti apa. Nah dengan begitu kamu dapat membuat konten iklan atau postingan foto kamu yang sesuai dengan yang seperti mereka inginkan.

Promosi

Semua foto atau gambar yang telah kamu upload di akun Instagram yang telah kamu jadikan Profil Bisnis atau akun bisnis ternyata dapat kamu promosikan atau iklankan. Setelah kamu memilih foto mana yang hendak di iklankan, selanjutnya kamu tinggal memilih target pelanggan potensial mana saja yang dapat menjangkau iklan kamu tersebut.

Bagaimana cara mengubah profil Instagram pribadi kamu menjadi Profil Bisnis?

Sebelum kamu mengubah akun profil Instagram pribadi atau akun Instagram olshop kamu menjadi Profil Bisnis, kamu harus mempunyai halaman fans page di Facebook dulu, dan akun Instagram kamu harus terkoneksi dengan akun Facebook halaman fans page tersebut. Bila kamu belum mempunyai halaman di Facebook, silahkan buat dulu, dan beri nama sesuai dengan nama akun Instagram yang mau kamu jadikan akun bisnis.

Cara Membuat Profil Bisnis Instagram

1. Buka profil Instagram kamu, lalu ketik pada tap ikon setting.

2. Scroll ke bawah layar smartphone touchscreen kamu, sampai nampak menu “Beralih ke Profil Bisnis” lalu klik.
3. Keluar alat bisnis Instagram, dan langsung klik “Lanjutkan”.
4. Disini Instagram menyuruh kamu untuk menghubungkan ke akun Facebook kamu, klik saja “Masuk dengan Facebook”.
5. Nah silahkan pilih halaman mana di akun Facebook kamu yang ingin kamu hubungkan ke akun bisnis Instagram ini. Kalau aku memilih halaman Facebook.com/Loveacehcom karena akun Instagram @loveacehcom akan aku jadikan Profil Bisnis.
6. Silahkan persiapkan profil bisnis kamu, masukkan alamat email, nomor telepon, dan alamat yang dapat di cari di Google Maps, lalu klik conteng untuk melanjutkan.
7. Profil bisnis kamu sudah siap, klik “Lanjutkan”.
8. Selamat! Begini tampilan profil akun Instagram bisnis kamu dengan penambahan tombol baru, yaitu tombol “KONTAK”.

9. Bila kamu klik, maka akan keluar pilihan seperti gambar di bawah ini, yang menampilkan menu Telepon, Email, dan Dapatkan Petunjuk Arah. 

10. Ketiga fungsi ini nanti bisa kamu ubah kapan saja di menu “SUNTING PROFIL” lalu klik “Informasi Kontak Bisnis” seperti yang terlihat pada  gambar di bawah ini di lingkaran kotak warna merah.
11. Untuk melihat wawasan, klik tombol grafik di samping menu setting.

12. Begini tampilan menu wawasan pada profil akun bisnis Instagram kamu. Disini kamu bisa melihat beberapa fitur penting seperti statistik berapa klik link website hari ini, jumlah penjualan, menampilkan postingan populer, dan aktivitas followers kamu.

Itulah cara mengubah akun pribadi menjadi akun profil bisnis Instagram dan cara menggunakannya. Bagaimana ternyata cukup mudah membuat profil bisnis di Instagram. Bila akun Instagram kamu telah kamu ubah ke akun Profil Bisnis, kamu tidak bisa mengubah akun ini menjadi privat (digembok), karena di akun bisnis Instagram telah menghilangkan fitur tersebut.
Lalu apakah bisa mengubah lagi ke akun semula yaitu akun Instagram pribadi? Jawabannya bisa, kamu bisa mengubahnya kapan saja. Buka setting, dan lihat di opsi AKUN, lalu klik “Beralih Kembali ke Akun Pribadi?”.
Bila di akun pribadi foto dari Instagram bila kamu share ke Facebook akan masuk ke profil FB kamu, makan untuk akun bisnis foto yang kamu bagikan ke Facebook akan masuk ke halaman fans page kamu yang kamu hubungkan ke Profil Bisnis di atas.
Di bawah nama profil akun bisnis Instagram @loveacehcom kamu bisa melihat ada penambahan kata yaitu “Website”, kenapa bisa muncul website? Karena pada saat aku membuat halaman fans page di Facebook untuk blog Loveaceb.com aku memilih situs website di pilihan jenis halaman. Nah nanti pada saat kamu membuat halaman fans page di Facebook, kamu bisa memilih jenis halaman yang sesuai dengan bisnis kamu, bisa itu rumah makan, blog personal, toko komputer, dan lain nya.
Nah bagaimana apakah fitur baru ini membantu kamu dalam berjualan secara online? Semoga dengan adanya fitur Profil Bisnis Instagram ini bisa membantu kamu dalam aktivitas berjualan secara online. Jangan lupa share, like, komentari, dan subscribe blog ini untuk mendapatkan update artikel terbaru dari aku. Terimakasih dan semoga bermanfaat!

Leave a reply "Cara Membuat Dan Menggunakan Profil Bisnis Di Instagram"