EYD sudah tidak berlaku lagi

14 views

 EYD SUDAH TIDAK BERLAKU LAGI , DIGANTI MENJADI EBI

sesuai peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan (permendikbud) nomor 50 tahun 2015, yang ditetapkan pada 26 november 2015, dinyatakan bahwa ejaan bahasa indonesia yang ditepatkan (eyd) tidak berlaku lagi. sebagai gantinya dimunculkanlah istilah baru, yaitu ejaan bahasa indonesia (ebi).

sebetulnya tidak banyak perbedaan dan perubahan dalam dua istilah itu. bahkan, kalau dicermati, hanya satu maupun dua bagian kecil yang berbeda. jadi, mampu dibilang 99,9% pedoman umum ejaan bahasa indonesia (puebi) tidaklah berbeda dengan pedoman umum ejaan bahasa indonesia yang ditepatkan (pueyd). isi tetap sama, hanya sampulnya yang berbeda. kalau diibaratkan handphone, casing-nya saja yang diganti.

kalau demikian, mengapa harus ada istilah baru; ebi?
sebagai rakyat jelata dan masyarakat awam, saya tentu tidak mengetahui dan memahami pertimbangan dan tujuan perubahan istilah itu. yang saya tahu hanyalah tradisi yang mengiringi setiap pergantian pemerintahan di negeri ini. setiap ada pemerintahan baru, biasanya muncul istilah-istilah baru menggantikan istilah-istilah lama, walaupun secara substansial tidak jauh berbeda. termasuk perubahan eyd menjadi ebi.

apa pun istilahnya, sebagai bangsa indonesia yang baik kita harus menghargai dan menerapkan bahasa indonesia yang baik dan benar sesuai pedoman yang ditetapkan. kalau bukan kita, siapa lagi yang harus menghargai?!

memang tidak selamanya kita harus menggunakan bahasa indonesia yang baku dan formal sesuai eyd maupun ebi. pada ketika-ketika tertentu, semisal dalam suasana kalem, bolehlah kita menggunakan bahasa indonesia yang gaul dan kalem pula (tidak resmi).

perbedaan EYD dengan EBI ?

 

meskipun namanya ganti, tidak ada perbedaan mendasar antara eyd dengan ebi. hanya ada tiga perbedaan yang dapat saya temukan.

pertama, penambahan huruf vokal diftong. di eyd, huruf diftong hanya tiga yaitu ai, au, ao. di ebi, huruf diftong ditambah satu yaitu ei (misalnya pada kata geiser dan survei).

kedua, penggunaan huruf kapital. pada eyd tidak diatur bahwa huruf kapital digunakan untuk menulis unsur julukan. dalam ebi, unsur julukan tidak diatur ditulis dengan awal huruf kapital.

ketiga, penggunaan huruf tebal. dalam eyd, fungsi huruf tebal ada tiga, yaitu menuliskan judul buku, bab, dan semacamnya, mengkhususkan huruf, dan menulis lema maupun sublema dalam kamus. dalam ebi, fungsi ke tiga dihapus.

Tags:

perbedaan eyd dengan ebi
perubahan eyd ke ebi
pedoman ebi
permendikbud nomor 50 tahun 2015
ejaan ebi
eyd jadi ebi
pedoman umum ejaan bahasa indonesia
permendikbud no. 50 tahun 2015