Kenaikan Harga Rokok

22 views


Ade komarudin, ketua dpr ri sekaligus politisi partai golkar menyetujui adanya kenaikan harga rokok hingga menembus rp 50.000 per bungkus. dalihnya, naiknya harga rokok bpikiran menurunkan kebiasaan masyarakat merokok dan rokok merupakan musuh bangsa. persetujuan ade ihwal naiknya harga rokok hingga menembus 400- 500 persen tersebut , ia ungkapkan jumat (19/8) siang di kompleks parlemen, senayan, jakarta.

 sebagaimana dilansir dari kompas.com, dengan naiknya harga rokok, pendapatan negara juga otomatis akan bertambah alasannya apbn berpikiran terbantu. ucapan ade ini dilontarkan dikala menanggapi hasil penelitian pusat kajian ekonomi dan kebijakan kesehatan fakultas kesehatan manusia universitas indonesia (pkekkfkm ui) menyebutkan 46 persen pecandu rokok akan berhenti jikalau harga rokok menembus angka di atas rp 50 ribu perbungkus.

semisal temuan ini disetujui pemerintah, tak pelak, jutaan perokok aktif berpikiran kelimpungan. ihwal hasil penelitian dan survey yang sudah diterapkan ini, diterangkan oleh hasbullah thabrany selaku kepala pkekkfkm ui beberapa hari lalu.

akibat statementnya tersebut, tak urung menimbulkan kesimpangsiuran di kalangan masyarakat serta pelaku industri rokok. pasalnya, jikalau nantinya pemerintahan jokowi –jk menyetujui wacana kenaikan harga rokok hingga 5 kali lipat dari harga sekarang, maka berpikiran menimbulkan efek domino yang fatal. survey yang diterapkan terhadap 1.000 responden pada bulan desember 2015 lalu,

didapatkan hasil bahwa 41,3 persen responden menikmati rokok 1 – 2 bungkus per hari.artinya, jikalau ditotal dalam satu bulan, seorang perokok aktif akan mengeluarkan biaya berkisar rp 450.000- rp 600.000 per bulan. terkait hal itu, sebanyak 80,3 persen responden menyetujui kenaikan harga rokok untuk membiayai jaminan kesehatan nasional (jkn)

. ada yang menarik atas munculnya penelitian yang bisa berimplikasi atas naiknya harga rokok hingga kebarangkalian akan bisa menekan jumlah perokok aktif turun hingga 50 persen. hal paling mayoritas, naiknya harga rokok bpikiran menggerogoti apbn.

sebab, selama ini cukai rokok berhasil menyumbang sedikitnya rp 162,2 triliun serta berimbas pada membengkaknya angka pengangguran setelah pabrik rokok mengalami gulung tikar alasannya turunnya omzet penjualan secara drastis. mata rantai produksi rokok nasional, sebenarnya tidak sesederhana mirip yang diungkapkan ade. pasalnya, untuk menjadi barang dagangan berupa rokok, baik yang murahan mau pun mahal, prosesnya dimulai dari penanaman tembakau yang melibatkan jutaan petani.

begitu pun dengan racikan pendukung berupa cengkeh serta saos, diduga ada ratusan ribu tenaga kerja yang terlibat. setelah tembakau berikut bahan lainnya masuk pabrik rokok, maka terdapat jutaan tenaga kerja yang terlibat di dalamnya. mulai tukang linting, angkutan, distribusi hingga pemasaran. dari sini terlihat, jikalau harga rokok menembus angka rp 50.000 per bungkus, otomatis omzet produksi akan mengalami penurunan tajam. implikasinya, para buruh akan dirumahkan.

Demikian pula jutaan petani tembakau, terang bpikiran kehilangan mata pencahariannya. pertanyaannya, apakah populasi perokok akan menurun tajam ? tidak. pasalnya, perokok akan mencari alternatif lain berupa melinting sendiri. jutaan perokok aktif tak termudah melepaskan zat nikotin yang terlanjur mengeram di tubuhnya masing- masing selama puluhan tahun. alasannya harga rokok tidak terbeli, mereka diabsolutkan berinovasi sendiri agar kepulan asap tetap bisa dinikmati. sebaliknya, beralihnya perokok aktif ke lintingan akan menyebabkan omzet perusahaan rokok dalam negeri terjun bebas hingga berdampak pada merosotnya pendapatan negara dari sektor cukai. di sisi lain, para produsen rokok abal- abal alias tanpa cukai, nantinya bpikiran menikmati masa panen.

Sebab, pasar merespon positif banjirnya rokok illegal. mayoritas perokok, sebenarnya sangat sadar bahaya akibat tembakau. beragam penyakit senantiasa mengancam mereka, namun, prakteknya memang sangat susah melepaskan diri dari ketergantungan. dengan adanya wacana kenaikan rokok hingga rp 50.000 per bungkus, maka bola liar sekarang ada di tangan pemerintahan jokowi-jk. apakah nantinya wacana tersebut akan disetujui ? kita tunggu perkembangannya.

lalu apa pendapat kamu soal agenda kenaikan harga rokok tersebut? untuk kamu yang bukan perokok pastinya sangat setuju dengan agenda ini, tapi untuk kamu yang merokok. hmmm, rasanya akan berusaha mati-matian supaya harga rokok tetap adatl, kan?

nggak hanya kamu kok yang kini tengah tertarik soal berita wacana kenaikan harga rokok alasannya adalah di twitter topik tersebut juga sempat menjadi ekspresi dominaning topic lho. lalu apa pendapat para netizen soal harga rokok yang akan naik ini? simak kicauan para netizen di twitter berikut ini.

  1. author

    Seri Wahyuni8 months ago

    ini kisah nyata saya . . . .

    perkenalkan nama saya YUNI SARA, saya berasal dari kota Bandung saya bekerja sebagai seorang karyawan di salah satu perusaan Yogyakarta.dimana saya sudah hampir kurang lebih tiga tahun lamanya saya bekerja di perusaan itu.

    Keinginan saya dan impian saya yang paling tinggi adalah ingin mempunyai usaha atau toko sendiri,namun jika hanya mengandalkan gaji yah mungkin butuh waktu yang sangat lama dimana belum biaya kontrakan dan utan yang menumpuk justru akan semakin sulit dan semakin lama impian itu tidak akan terwujud

    saya coba" buka internet dan saya lihat postingan orang yg sukses di bantu oleh seorang kyai dari sana saya coba menghubungi beliau, awalnya saya sms terus saya di suruh telpon balik disitulah awal kesuksesan saya.jika anda ingin mendapat jalan yang mudah untuk SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI YG LAIN, TANPA PERLU RITUAL, PUASA DLL. lewat sebuah bantuan penarikan dana ghoib oleh seorang kyai pimpinan pondok pesantren sundoko.dan akhirnya saya pun mencoba menghubungi beliyau dengan maksut yang sama untuk impian saya dan membayar hutang hutang saya.puji syukur kepada tuhan yang maha esa melalui bantuan beliau.kini sy buka usaha distro di bandung.
    Sekali lagi Saya mau mengucapkan banyak terimah kasih kepada kiyai sundoko atas bantuannya untuk mencapai impian saya sekarang ini. Untuk penjelsan lebis jelasnya silahkan >>>>>>>>SOLUSI MELUNASI HTANG KLIK DISINI<<<<<<<<<
    Anda tak perlu ragu atau tertipu dan dikejar hutang lagi, Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat. Amin

    Reply
  2. author

    Jenifer Jilian8 months ago

    Indonesia still does not include the most expensive cigarettes in the world is still a lot Cigarette abroad more expensive and father of the president already up smoking was very good for the health of the entire Indonesian free of smoke
    http://www.sanadomino.com

    Reply

Leave a reply "Kenaikan Harga Rokok"