Pengertian Ubuntu , Sejarah Ubuntu , Manfaat dan Fungsi Ubuntu , Kekurangan dan kelebihan ubuntu

Pengertian Ubuntu , Sejarah Ubuntu , Manfaat dan Fungsi Ubuntu , Kekurangan dan kelebihan ubuntu

pengertian ubuntu , sejarah ubuntu , manfaat dan kegunaan ubuntu

Pengertian Ubuntu ?


Pengertian ubuntu –  Ubuntu merupakan salah satu distribusi linux yang berbasiskan debian dan didistribusikan sebagai software bebas. nama ubuntu berasal dari filosofi dari afrika selatan yang berarti “keinsanan kepada sesama”. ubuntu dirancang untuk kepentingan penggunaan langsung, namun versi server ubuntu juga tersedia, dan telah dipakai secara luas.
proyek ubuntu resmi disponsori oleh canonical ltd. yang merupakan sebuah perusahaan yang dimiliki oleh pengusaha afrika selatan mark shuttleworth. tujuan dari distribusi linux ubuntu  membawa semangat yang terkandung di dalam filosofi ubuntu ke dalam dunia software. ubuntu  sistem operasi lengkap berbasis linux, tersedia secara bebas, dan memiliki dukungan baik yang berasal dari komunitas atau tenaga jago profesional.

Sejarah Ubuntu Lengkap ?

sejarah ubuntu – ubuntu ialah salah satu proyek andalan debian. sasaran awal ubuntu ialah menciptakan sistem operasi desktop linux yang tergampang dipakai. ubuntu dijadwalkan dirilis setiap 6 bulan sesampai sistem ubuntu dapat terus diperbarui. ubuntu pertama kali dirilis pada 20 oktober 2004. semenjak itu, canonical telah merilis versi ubuntu yang baru setiap 6 bulan sekali. setiap rilis didukung selama 18 bulan untuk pembaruan sistem, keamanan, dan kesalahan (bug). setiap 2 tahun sekali (versi xx.04dengan x angka genap) akan menerima long term support(lts) selama 3 tahun untuk desktop dan 5 tahun untuk edisi server. namun ubuntu 12.04 yang akan dirilis april 2012 akan menerima pembaruan sistem selama 5 tahun. perpanjangan dukungan ini bertujuan untuk mengakomodasi urusan ekonomi dan pengguna it yang bekerja pada siklus panjang dan pertimbangan biaya yang mahal untuk memperbarui sistem.
 paket-paket perangkat lunak ubuntu berasal dari paket tidak stabil debian; ubuntu memakai format paket dan manajemen paket debian (apt dan synaptic). paket debian dan ubuntu tak jarang tidak cocok. paket debian sering kali perlu dibuat ulang dari source agar dapat dipakai di ubuntu, begitu juga sebaliknya. ubuntu bekerja sama dengan debian untuk berusaha agar perubaha-perubahan sistem ubuntu mengarah kembali ke debian, namun hal ini hampir tak terlaksana. penemu debian, ian murdock, pernah berkata bahwa paket ubuntu berpotensi mengarah terlalu jauh dari debian. sebelum setiap rilis ubuntu, paket-paket membisubil dari paket tidak stabil debian dan digabung dengan modifikasi ubuntu. sebulan sebelum periverbal, pengamjikan paket dihentikan dan kerja setelahnya ialah memastikan paket-paket yang sudah membisubil bekerja dengan baik.
ubuntu sekarang dibiayai oleh canonocal ltd. pada 8 juli 2005 mark shuttleworth mendirikan pendirian ubuntu foundation dan memperlihatkan pendanaan awal sebesar us$10 juta. tujuan dari pendirian yayasan ini ialah untuk memastikan pengembangan dan dukungan semua versi ubuntu dapat terus berjalan.pada 31 oktober 2011, mark shuttleworth mengumumkan bahwa ubuntu 14.04 akan mendukung smartphone, tablet, dan smart tv. dan desain-desainnya pun sudah mulai dirancang

Kekurangan Dan Kelebihan Ubuntu :

Kelebihan Ubuntu : 

  1. Gratis dan bisa digunakan untuk banyak komputer
  2. Stabil, karena turunan dari Debian dan aman dari virus, worm, malware dan sejenisnya, walaupun tak memakai anti virus
  3. Bisa digunakan pada komputer yang memiliki spesifikasi hardware rendah, dikarenakan Ubuntu sangat ringan sehingga tak membebani kinerja komputer
  4. Kita bisa mencoba menggunakan Ubuntu tanpa perlu menginstalnya kedalam harddisk komputer, dengan menggunakan fitur Live CD pada Ubuntu melalui proses boot pada CD atau flashdisk saja.
  5. Tersedia banyak aplikasi mulai dari aplikasi Office ( libreOffice, OpenOffice), browsing (Firefox, chromunium), multimedia (Rhythmbox, VLC player), grafik (GIMP, shotwell), game (linecity, hedgewar), edukasi/pendidikan (educational suite gcomprize, quran) dan berbagai Aplikasi lainnya yang sebagian besar diantaranya adalah gratis (free)
  6. Driver kebanyakan telah ada di dalam CD, seperti LAN, Wifi, Audio, dan lain sebagainya sehingga tidak sulit bagi kita untuk melakukan instalasi
  7. Terdapatnya Ubuntu Software Center, dimana anda dapat mendownload berbagai aplikasi dan game dengan mudah
  8. Anda dibebaskan dan diperbolehkan untuk menggunakan, memodifikasi dan mendistribusikan sesuka anda
  9. Terdapat lebih dari 55 bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Sehingga memudahkan anda dalam menggunakan Ubuntu, jika anda tak mengerti bahasa Inggris.
  10. Tampilan desktop yang keren dan menarik dengan Compiz fusion
  11. Aplikasi Windows tetap bisa dijalankan di Ubuntu menggunakan aplikasi yang bernama Wine (Windows Emulator)
  12. Versi terbaru dari Ubuntu diliris tiap 6 bulan sekali
  13. File ISO Ubuntu bisa didapat dari banyak cara, melalui download, pesan, minta dari teman dan sebagai tanpa melanggar hukum pembajakan software
  14. Bisa di instal bersamaan dengan Windows
  15. Bisa di instal melalui Windows menggunakan bantuan aplikasi bernama pada Windows Wubi
  16. Keamanan (Security) yang lebih kuat dari pada Windows
  17. Multi Bahasa, banyak bahasa yang tersedia untuk pilihan
KELEMAHAN UBUNTU:
  1. Belum user f riendly, dikarena sebagian besar pengguna Ubuntu berasal dari migrasi Windows dan lainnya
  2. Tak semua aplikasi windows anda kompatibel dengan wine sehingga aplikasi kegemaran anda mungkin tidak bisa digunakan di Ubuntu.
  3. Sedikit dikucilkan dari teman-teman dikarenakan sebagian besar dari mereka menggunakan Windows
  4. Tampilan grafis kurang menarik
  5. Beberapa hardware sulit menyediakan driver untuk ubuntu

Macam macam ubuntu :

1. edubuntu
ialah distro linux yang dirancang untuk dipergunakan dalam sekolah/ruang kelas. edubuntu merupakan singkatan dari akronim bahasa inggris education ubuntu, yang terjemahan bebasnya kira-kira: “pendidikan untuk semua orang”. edubuntu merupakan varian dari ubuntu.
edubuntu lebih dikhususkan untuk memenuhi kebutuhan komputasi server-workstation. edubuntu menggunakan software thin client ltsp, terminal komputer tanpa disk.
desktop edubuntu sendiri masih menggunakan gnome dan gdm sebagai display manager-nya. software yang disertakan sendiri merupakan gabungan dari software-software gnome dan kde, namun diutamakan software-software pendidikan untuk anak umur 6 hingga 18 tahun.

2. gobuntu
gobuntu merupakan turunan resmi dari sistem operasi ubuntu yang dikandung untuk menyampaikan distribusi yang terdiri sepenuhnya dari perangkat lunak bebas.
alasannya ialah ubuntu sekarang menggabungkan “perangkat lunak bebas hanya” pilihan installer, proyek gobuntu itu dianggap berlebihan pada awal 2008. akibatnya canonical menjadikan keputusan resmi untuk mengakhiri proyek gobuntu dengan versi 8.04. pada bulan maret 2009, diumumkan bahwa “gobuntu 8.04.1 ialah rilis final gobuntu. proyek ini telah bergabung kembali ke utama ubuntu, sehingga tidak perlu untuk distribusi terpisah”.

3. kubuntu
kubuntu merupakan varian resmi dari ubuntu yang menggunakan kde sebagai lingkungan desktop nya, berbeda dengan ubuntu yang menggunakan gnome dan xubuntu yang menggunakan xfce sebagai lingkungan desktop nya. kubuntu didistribusikan secara gratis, kubuntu bisa didapatkan dengan cuma-cuma, baik melalui media unduh maupun shipit. kubuntu berasal dari bahasa bemba yang berarti “untuk keinsann”.

4. lubuntu
lubuntu ialah sebuah proyek yang dimaksudkan untuk menghasilkan suatu turunan resmi dari sistem operasi ubuntu yang “lebih ringan, lebih sedikit menggunakan sumber daya dan efisien energi”, menggunakan lingkungan desktop lxde.
desktop lxde menggunakan window manager openbox dan dimaksudkan untuk menjadi sistem yang rendah persyaratan, menggunakan ram sedikit untuk netbook, kendaraan beroda empate devices dan pc (komputer) tua. dalam tugas ini lubuntu akan bersaing dengan xubuntu.
nama lubuntu ialah kombinasi dari lxde dan ubuntu. lxde ialah singkatan dari lightweight x11 desktop environment, sedang ubuntu berarti “perikeinsann terhadap sesama insan” dalam bahasa zulu dan bahasa xhosa.

5. xubuntu
xubuntu ialah sebuah distribusi linux dan varian resmi yang berbasiskan ubuntu yang menggunakan lingkungan desktop xfce. xubuntu ditujukan untuk pengguna yang menggunakan komputer dengan kinerja rendah maupun mereka yang mencari lingkungan meja yang lebih efisien pada komputer dengan kinerja tinggi. xubuntu dirilis setahun dua kali, mengikuti pola rilis ubuntu. xubuntu menggunakan nomor versi dan nama kode yang sama dengan ubuntu, memakai tahun dan bulan rilis sebagai nomor versi.

6. ubuntu jeos
jeos ialah singkatan untuk sistem operasi just enough yang berlaku untuk alat perangkat lunak.
jeos mengacu pada sebuah sistem operasi khusus yang sesuai dengan kebutuhan software tertentu. ini bukan generik, satu ukuran cocok untuk semua sistem operasi sehingga hanya perlu menyertakan potongan-potongan dari suatu sistem operasi (misalnya, kernel) yang diharapkan untuk mendukung software tertentu dan komponen pihak ketiga lain yang terkandung dalam alat.
hal ini menjadikan alat yang lebih kecil, dan barangkali lebih aman daripada software yang berjalan dibawah penuh tujuan umum os.

7. ubuntu kendaraan beroda empate
ubuntu kendaraan beroda empate internet device edition ialah distribusi ubuntu yang agendanya beroperasi di platform intel kendaraan beroda empate internet device, komputer bergerak x86 yang diperkuat prosesor intel atom. ubuntu kendaraan beroda empate agendanya memakai kerangka kerja gnome, hildon, sebagai dasar gui-nya.
para produsen perangkat dapat menyesuaikan (kustomisasi) distribusi mereka, termasuk fitur-fitur mirip flash, java, maupun antarmuka kustom.
ubuntu kendaraan beroda empate berhenti dikembangkan pada tahun 2009 dan penggantinya,ubuntu for phones, diluncurkan pada tanggal 2 januari 2013.

8. ubuntu netbook edition
ubuntu netbook edition ( une ) , yang dikenal sebagai ubuntu netbook remix ( unr ) sebelum rilis dari ubuntu 10.04 ialah versi ubuntu yang telah dioptimalkan untuk mebarangkalikan untuk bekerja lebih baik pada netbook dan perangkat lain dengan layar kecil maupun dengan atom cpu intel .
une yang tersedia mulai dengan ubuntu release 8.04 ( ” hardy heron ” ) . une juga sistem operasi terinstal opsional ( os ) pada beberapa netbook mirip dell inspiron mini 10v dan nb100 toshiba , dan juga berlari pada model populer mirip acer aspire one dan asus eee pc .
canonical , para pengembang ubuntu , yang bekerja sama dengan moblin proyek untuk memastikan meningkatkan secara optimal untuk kebutuhan perangkat keras yang lebih rendah dan hidup baterai yang lebih lama.
dimulai dengan versi 10.10 , ubuntu netbook edition menggunakan desktop unity sebagai antarmuka desktop . antarmuka netbook klasik yang tersedia di repositori software ubuntu sebagai opsi.
alasannya ialah ubuntu edisi desktop yang telah pmengagumkan ke antarmuka unity sama dengan edisi netbook , dimulai dengan ubuntu 11.04 , edisi netbook telah bergabung ke dalam edisi desktop yang.

9. ubuntu server
ubuntu juga menyampaikan sistem operasi dalam edisi server . ubuntu 10.04 long term support ( lts ) rilis dijadwalkan untuk mendapatkan update terus hingga april 2015. dimulai dengan 12,04 dukungan dari varian desktop yang lts telah diperpanjang untuk mencocokkan 5 tahun dari server varian . dukungan jangka panjang termasuk update untuk mendukung fitur baru dari perangkat keras komputer terbaru , patch keamanan dan update ke ‘ ubuntu tumpukan ‘ ( infrastruktur komputasi awan ).
ubuntu 10.04 server edition juga dapat berjalan pada vmware esx server , oracle virtualbox dan vm , citrix systems xenserver hypervisor , microsoft hyper – v , qemu , berbasis kernel virtual machine , maupun lainnya pc emulator kompatibel ibm maupun virtualizer . ubuntu menggunakan apparmor modul keamanan untuk kernel linux yang diaktifkan secara default pada paket perangkat lunak kunci, dan firewall diperluas ke layanan yang umum digunakan oleh sistem operasi . rumah dan direktori swasta juga bisa dienkripsi . the 10.04 versi server mysql 5.1 meliputi , tomcat 6 , openjdk 6 , samba 3.4 , nagios 3 , php 5.3 , python 2.6 . banyak dari layanan yang hanya memakan waktu 30 menit untuk mengkonfigurasi .
ubuntu 10.04 lts server mendukung dua arsitektur utama : intel x86 dan amd64 . edisi server menyediakan fitur mirip file / jasa cetak, web hosting , email hosting , dll. ada beberapa perbedaan antara ubuntu server edition dan ubuntu desktop edition walaupun keduanya menggunakan repositori apt yang sama . perbedaan utama antara dua edisi ialah kurangnya instalasi default lingkungan x window di edisi server , meskipun gui dapat diinstal mirip gnome maupun unity ( ubuntu 11.04 ) , kde ( kubuntu 11.04 ) , xfce ( xubuntu 11.04 ) , serta lebih sumber daya ekonomis gui mirip fluxbox , openbox dan blackbox . hingga ubuntu 10.10 , versi kernel yang berbeda. tapi dalam versi , hingga sekarang , tidak ada versi kernel yang berbeda lagi di server edition dan edisi desktop . edisi server menggunakan modus layar berbasis karakter interface untuk instalasi , bukannya proses instalasi grafis .
ubuntu server juga dibagikan secara gratis. pengguna dapat memilih untuk membayar dukungan konsultasi dan teknis . sebuah kontrak dukungan tahunan dengan 9×5 mendukung urusan ekonomi jam ialah sekitar $ 750 per server , dan kontrak yang mencakup 24×7 lebih dari satu tahun biaya $ 1.200.

10. ubuntu tv
ubuntu tv ialah sistem operasi smart tv yang dikembangkan oleh canonical, berdasarkan pada sistem operasi ubuntu dan menggunakan user interface unity hal ini dirancang untuk tv ruang tamu dengan menggunakan remote control.
ubuntu tv ialah varian dari distribusi linux ubuntu yang dirancang khusus untuk embedded system diintegrasikan ke televisi. hal itu dihinggakan oleh canonical di ces 2012 dengan slogan “tv bagi insan”. ubuntu tv ditunjukkan di kendaraan beroda empate world congress 2012. ubuntu untuk android akan menggunakan ubuntu antarmuka tv ketika terhubung ke tv. ubuntu tv akan didasarkan pada ubuntu 12.04, kebisaan untuk merekam dan memutar video, dvd-video dan dukungan blu-ray disc, sentuhan siap-interface kebisaan untuk mengintegrasikan semua sistem penyiaran terestrial standar dan layanan juga satelit dan kabel, kebisaan untuk streaming musik, foto dan video dari pc ke tv dan software yang dirancang khusus untuk ubuntu tv.

11. ubuntu for android
ubuntu untuk android, ketika ini sedang dikembangkan, ialah varian bebas dan open source ubuntu dirancang untuk berjalan pada ponsel android. hal ini diharapkan untuk datang pre-loaded pada beberapa ponsel. sebuah ubuntu untuk android mock-up ditunjukkan di kendaraan beroda empate world congress 2012. ubuntu dan android berjalan pada waktu yang sama pada perangkat kendaraan beroda empate, tanpa emulasi maupun virtualisasi, dan tanpa perlu reboot. hal ini dibarangkalikan alasannya ialah baik ubuntu dan android menyebarkan kernel yang sama (linux).

Tags :

cara instal ubuntu,sejarah ubuntu,pengertian linux,pengertian debian,pengertian ubuntu linux,pengertian ubuntu server,pengertian ubuntu pada linux,kelebihan ubuntu
sejarah linux,ubuntu wikipedia,sejarah ubuntu dan perkembangan,sejarah singkat ubuntu,pengertian linux ubuntu,pengertian ubuntu server,definisi ubuntu,apa yang dimaksud dengan ubuntu,kelebihan dan kekurangan ubuntu server,fungsi ubuntu server,kegunaan ubuntu,server,ubuntu wikipedia,sejarah ubuntu,pengertian ubuntu linux,cara instal ubuntu,apa yang dimaksud dengan ubuntu,fungsi ubuntu linux,fungsi linux ubuntu server,fungsi ubuntu pada laptop,pengertian linux ubuntu server
  1. author

    Abdul Muis8 months ago

    iya bro

    Reply
  2. author

    Sanjaya Share8 months ago

    Wow super lengkap gan. Thanks. Ini dia yg lagi saya cari cari

    Reply

Leave a reply "Pengertian Ubuntu , Sejarah Ubuntu , Manfaat dan Fungsi Ubuntu , Kekurangan dan kelebihan ubuntu"