Satelit Facebook Meledak

16 views
satelit facebook meledak
satelit facebook meledak

SATELIT FACEBOOK MELEDAK

Satelit Facebook Meledak, Ini Penyebabnya

 

seperti yang kamu ketahui, facebook punya acara “internet tanpa pulsa untuk semua” yakni internet.org. internet.org  sebuah inisiatif dari facebook yang bertujuan untuk menjadikan akses internet tersedia bagi dua per tiga populasi dunia yang belum terhubung dengan internet.


sayangnya, niat baik facebook blogika mengalami hambatan. pasalnya, roket tanpa awak spacex falcon 9 meledak saat sedang pengisian bahan bakar di cape canaveral, florida, amerika serikat. roket ini juga menghancurkan roket dan satelit pertama facebook yang harusnya mengorbit pada sabtu, 3 september 2016.

Satelit Facebook Hancur Akibat Ledakan Roket Falcon 9

dilansir dari techcrunch, ceritanya spacex sedang meterapkan uji meluncurkan roket tak berawak saat ledakan itu terjadi kamis 1 september 2016 pagi waktu setempat. menurut saksi mata, roket meledak saat duduk di landasan peluncuran. falcon 9 dijadwalkan lepas landas pada hari sabtu untuk membawa satelit pertama facebook ke dalam orbit.

spacex sendiri telah mengonfirmasi bahwa peluncuran spacex falcon 9 mengalami masalah, beruntung tak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. elon musk ceo spacex mengatakan ledakan spacex falcon 9 terjadi saat diterapkan pengisian bahan bakar. ledakan tersebut berasal dari tangki oksigen bagian atas yang terjadi selama pengisian bahan bakar.

satelit penyebar internet gratis milik facebook, amos-6, meledak bersama roket yang akan membawanya ke orbit. ceo facebook mark zuckerberg angkat bicara soal peristiwa ini.

“saya berada di afrika ketika ini dan sangat kecewa dengan kabar kegagalan peluncuran spacex yang mengakibatkan hancurnya satelit kami,” ujarnya dalam sebuah status yang diunggah ke akun resmi zuckerberg.

namun zuckerberg mengatakan tak akan menghentikan usahanya mewujudkan internet yang diklaim lebih murah dan menjangkau banyak orang.

mereka masih memilik proyek lain, mirip aquilla, yang merupakan proyek penyebar sinyal internet menggunakan drone bertenaga matahari.

“satelit itu agendanya akan dipakai untuk membuatkan internet ke seluruh benua (afrika). untungnya, kami punya teknologi lain, mirip aquilla, yang juga mampu menghubungkan orang ke internet,” imbuhnya.

“kami akan tetap berkomitmen menunjukkan akses internet kepada semua orang. dan kami akan tetap bekerja sampai semua orang mampu menerima kesempatan yang mestinya tercipta melalui satelit ini,” lanjut zuckerberg.

satelit penyebar internet gratis facebook meledak

sebagaimana laporan yang dihimpun kompastekno dari space.com, jumat (2/9/2016), raksasa media umum itu beagenda memakai satelit amos-6 untuk membuatkan internet murah maupun gratis di wilayah afrika sub-sahara. ini merupakan bagian dari acara internet.org.

amos-6 merupakan satelit geostasioner. roket falcon 9, milik spacex, disewa untuk meluncurkan satelit itu ke orbitnya.

sayangnya, dalam uji coba static fire (menyalakan pendorong tanpa meluncur), roket tersebut meledak. uji coba diterapkan pada kamis (1/9/2016) waktu setempat, di cape canaveral, florida, amerika serikat (as).

dugaan sementara menyebut bahwa ledakan tersebut dikarenakan anomali pada launch pad maupun bangunan pendukung peluncuran.

satelit tersebut bernilai 195 juta dollar as maupun sekitar rp 2,5 triliun. pemiliknya ialah perusahaan israel, space communication. facebook bersama eutelsat mempunyai kontrak untuk memakai dan mengelola satelit tersebut selama lima tahun.

rencananya, roket falcon 9 akan membawa satelit amos 6 milik facebook. amos 6  satelit pertama facebook yang dimaksudkan untuk menunjukkan akses internet broadband nirkabel untuk bagian barat, afrika timur dan selatan melalui internet.org. harga satelit amos 6 sendiri bernilai lebih dari us$200 juta maupun sekitar rp2,6 triliun.

 Falcon 9 Meledak Bak Petir Menyambar

meledaknya roket falcon 9 memang tidak menelan korban jiwa yang sedang bekerja di sekitarnya. namun, ledakan tersebut mengejutkan beberapa orang yang berada di lingkungan dekat cape canaveral.

“kami mendengar bunyi mirip sambaran petir yang sangat besar,” tutur evan zimny yang sedang bekerja sekitar delapan kilometer dari ledakan, mirip dikutip dari situs los angeles times.

ia melanjutkan, “gedung dan jendela bergetar dengan cepat dan mengeluarkan bunyi kencang sekitar beberapa detik.”

menanggapi insiden ini, pendiri spacex elon musk mengatakan penyebab ledakan masih belum diketahui. yang terang, uji coba falcon 9 ini bertujuan agar roket tersebut mampu diluncurkan pada akhir pekan besok

 

  1. author

    Rizky Coeg8 months ago

    ko bisa meledak ya, tapi untungnya si Mark punya banyak duit ya supaya FB masih bisa diakses. Thanks infonya bang 🙂

    Reply
  2. author

    Abdul Muis8 months ago

    iya mas kerugian kira2 2.5 triliun xixix

    Reply
  3. author

    Abdul Muis8 months ago

    ada kerusakan di tabung katanya mas !

    Reply
  4. author

    ahmad irawansyah8 months ago

    wah,gile gan,kerugianya pasti ga keitung tuh,
    tapi om mark kan termasuk orang terkaya didunia
    mungkin dia cuma ketawa :v

    Reply

Leave a reply "Satelit Facebook Meledak"