SEJARAH SISTEM OPERASI LENGKAP

16 views

 SEJARAH SISTEM OPERASI LENGKAP

Kreatipku.Blogspot.com  –  SEJARAH SISTEM OPERASI  , Halo pada kesempatan ini admin kreatipku akan membahas sejarah tentang sistem operasi atau kita sering menyebut dengan Operating system (OS) .
Sistem operasi yang lebih sering disebut dengan OS yang merupakan dari kependekan kata dari bahasa inggris yaitu OPERATING SYSTEM. Sistem operasi merupakan suatu susunan sintaxs pemograman yang di atur dan memiliki logika  tertentu dalamm format file tertentu  Yang berfungsi untuk melakukan kontrol  manajemen hardware dan serta operasi operasi dasar pada sistem .
perkembangan sistem operasi bukan hanya untuk mengontrol hardware , tetapi juga untuk melakukan pengelolaan data tingkat lanjutan , termasuk menjalankan sofware aplikasi seperti aplikasi program program pengolah kata dan juga web browser.

   Softwar-software lainnya seperti aplikasi pengolah data , grafis , dan video berjalan di atas sistem operasi yang sedang bekerja . Fungsi utama dari sebuah sistem operasi adalah menyediakan interface atau sering disebut dengan antar muka  antara aplikasi user ataupun pengguna , dan juga hardware perangkat kerasnya , aplikasi user adalah aplikasi yang di design untuk membantu user supaya memudahkan pekerjaan nya . supaya pekerjaan nya lebih mudah selesai dan cepat  untuk membantunya.

  Pada prosesnya sistem operasi pada umumnya perlu mengakses disk , manajamen memory scheduling task , dan juga antar muka dengan hardware  , bagian utama yang didalamnya terdapat perintah perintah yaitu sering disebut dengan ” kernel” . Dari hal pernyataan tersebut  munculah beberapa pemahaman dimana sistem operasi itu disebut sebagai seperangkat software dan didalamnya sudah terdapat kernel , dan juga paket aplikasi – aplikasi lainnya . jadi , inti dari sistem operasi yang disebut dengan kernel ini berpungsi untuk membagikan atau memberikan sumber daya  atau sering kita sebut sebagai untuk yang mengatur sumber daya perangkat keras, mencegah terjadinya kesalahan atau komplik antara beberapa program program yang sudah tertanam di OS tersebut ataupun aplikasi yang ada , dan didalam sistem operasi bisa di lakukannya multi user ini bertujuan supaya tidak ada konflik antara user supaya saling berhubungan dan bisa teratur.

Saat ini di jaman moderen tepatnya di taun ini , ada tiga OS atau tiga sistem operasi yang lazim atau sering kita jumpai dan juga gunakan  baik pengguna ( komputer? pc , laptop?netbook ) silahkan bisa dilihat dibawah ini :
1. WINDOWS : Merupakan produk buatan perusahaan Microsoft yang bersipat komersial yaitu berbayar untuk membeli licensi nya .(tenang sajah banyak kok yang bajakannya ) eheheh

2.  Mac Os
sebuah sistem operasi yang dimana  bisa digunakan untuk komputer keluaran apple  yang biasa disebut dengan Mac atau Macintos dengan versi terbarunya yaitu … (saya lupa lagi sobat)

3. Unix Family :
merupakan sebuah sistem operasi yang awal dikemembangkan didunia  banyak sekali programer yang memodifikasinya dan mengembangkan os tersebut sesuai dengan kebutuhan mereka masing masing  , tetapi ada beberapa turunan unix atau distronya yang masih mempertahankan aslinya seperti dlam penggunaan antar mukanya yaitu system tasking , multi user ,dan juga fleksibilitas nya .

   Sistem operasi Linux pertama kali diperkenalkan oleh Linus Torvald dengan sistem kernelnya yang bertipe unix modular . linux ciptaanya berawal dari kode minix (unik berkemampuan minimal  yang ditujukan untuk pembelajaran andrew s. Tanen baum pada tahun1987 dimana source code inix 1.0 yang didokumentasikan dalam bukunya yang berjudul OPERATING SYSTEM : DESIGN AND IMPLEMENTATION . buku tersebut bisa dengan mudah didapatkan oleh anda semuanya

Tahun 1991 Minix oleh linus torvalds  ditulis ulang dalam bahsa C dan mengalami beberapa modifikasi dan juga perbaikan yang selanjutnya menjadi sebuah inti  sistem operasi pada pada sebuah kernel linux. dan kemudian tenembaum meng kritik bahwasanya linux hanya mementingkan pengembangan x86 sehingga tidak portable.dan tenembaum menyarankan bahwa source code dari linux ini di upload di internet dan mendapatkan respon masukan kritikan dan kemudian kebebasan untuk mengembangkanya sesuai denga kebutuhan masing masing dan juga bebas untuk mendistribusikannya . Dan sampai sekarang banyak sekali turunan turunan linux yang disebut dengan distro , yaitu debian ,redhat , slackware , fedora dan sebagainya .