Sikap Positif Terhadap Pelaksanaan Demokrasi Dalam Berbagai Aspek Kehidupan

SIKAP POSITIF TERHADAP PELAKSANAAN DEMOKRASI DALAM BERBAGAI ASPEK KEHIDUPAN


SIKAP POSITIF TERHADAP PELAKSANAAN DEMOKRASI DALAM BERBAGAI ASPEK KEHIDUPAN


SIKAP POSITIF TERHADAP PELAKSANAAN DEMOKRASI DALAM BERBAGAI KEHIDUPAN – sebagai warga negara yang baik, sudah sepantasnya kita pertanda sikap yang positif terhadap pelaksanaan maupun penerapan demokrasi dalam banyak sekali aspek kehidupan. pelaksanaan demokrasi di banyak sekali aspek kehidupan, di antaranya sebagai berikut.
1. bersikap positif di lingkungan kenegaraan
sikap positif setiap warga negara dalam pembangunan demokrasi tercermin dalam sikap-sikap berikut ini.
memperjuangkan aspirasi dan kepentingan masyarakat melalui wadah penyalur aspirasi masyarakat sesuai peraturan perundang-undangan.
ikut meningkatkan acara pendidikan politik yang berdasarkan pancasila dan uud 1945 bagi semua lapisan masyarakat, agar masyarakat sadar akan hak dan kewajibannya sebagai warga negara, serta meningkatkan motivasi dan peran sertanya dalam pembangunan nasional.
turut berbagi budaya politik yang menjunjung tinggi semangat kebersamaan, kekeluargaan, dan keterbukaan yang bertanggung jawab dengan didukung oleh moral dan etika politik yang bersumber pada nilai-nilai pancasila.
meningkatkan dan berbagi kehidupan demokrasi dan tegaknya hukum dalam rangka terpeliharanya kemantapan stabilitas politik yang sehat dan dinamis, kemantapan mekanisme demokrasi pancasila, serta kemantapan mekanisme suksesi kepemimpinan nasional berdasarkan uud 1945
turut mendukung usaha penataan kehidupan politik yang diarahkan pada penumbuhan dan pengembangan tatanan politik berdasarkan pancasila dan uud 1945.
2. bersikap positif di lingkungan sekolah
sikap positif di lingkungan sekolah, yaitu sebagai berikut.
tertib mematuhi aturan sekolah.
saling menghormati sesama peserta didik dan guru.
melaksanakan kegiatan osis.
tidak membeda-bedakan sahabat main dan sahabat belajar.
mengutamakan musyawarah untuk mencapai mufakat.
mengadakan rapat ketua osis dengan jujur dan adil.
mengakui persamaan hak dan kewajiban sesama sahabat sekolah.
menghormati dan menghargai perbedaan suku, ras, dan antargolongan.
3. bersikap positif di lingkungan masyarakat
segala keputusan yang menyangkut kepentingan bersama harus dimusyawahkan agar dapat diterima oleh seluruh anggota masyarakat. contoh musyawarah dalam lingkungan masyarakat, tercermin dalam pembahasan dan peagendaan acara pengembangan masyarakat dan lingkungan. musyawarah untuk mufakat juga terlihat dalam proses pemilihan ketua rt (rukun tetangga) dan rw (rukun warga) maupun kepala desa. demokrasi di lingkungan masyarakat juga tercermin dalam rembug desa, kelompok tani, koperasi unit desa, maupun rapat desa. demokrasi di lingkungan masyarakat bercirikan semangat kekeluargaan dan gotong royong. sikap positif pelaksanaan demokrasi di lingkungan masyarakat  sebagai berikut.
saling menghormati sesama warga masyarakat.
melaksanakan hasil keputusan musyawarah bersama.
menaati aturan maupun tata cara yang berlaku dalam masyarakat.
selalu mengedepankan musyawarah mufakat dalam menyelesaikan setiap permasalahan.
mau mendapatkan saran dan kritik dari orang lain.
4. bersikap positif di lingkungan keluarga
sikap positif di lingkungan keluarga, yang memuat unsur demokrasi, yaitu:
saling menghormati sesama anggota keluarga.
selalu memecahkan permasalahan secara bersama-sama.
mematuhi aturan yang ada dalam keluarga.
saling menghormati hak dan kewajiban sesama anggota keluarga.
Tags:
pengertian sikap positif terhadap pelaksanaan demokrasi , contoh sikap positif terhadap pelaksanaan demokrasi dalam kehidupan bernegara , mengapa demokrasi harus diterapkan dalam kehidupan bangsa indonesia , pentingnya kehidupan demokrasi dalam bermasyarakat , mengapa sikap positif terhadap pelaksanaan demokrasi penting untuk dimiliki setiap warga negara  penerapan sikap positif dalam kehidupan masyarakat akan berkembang dengan baik apabila didukung oleh terangkan pentingnya kehidupan demokrasi dalam bermasyarakat aspek material dalam demokrasi pancasila

Leave a reply "Sikap Positif Terhadap Pelaksanaan Demokrasi Dalam Berbagai Aspek Kehidupan"