TIPE JARINGAN KOMPUTER LENGKAP BESERTA KEKURANGAN DAN KELEBIHANNYA

13 views

TIPE JARINGAN KOMPUTER LENGKAP BESERTA KEKURANGAN DAN KELEBIHANNYA

TIPE JARINGAN KOMPUTER LENGKAP BESERTA KEKURANGAN DAN KELEBIHANNYA – Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu berjumpa kembali bersama saya dalam kesempatan ini saya akan sedikit membahas tentang tipe jaringan komputer.

Langsung saja ke dalam pembahasan Pengertian tipe jaringan komputer jaringan adalah sebuah sistem yang berfungsi atau berguna untuk menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lainnya supaya saling terhubung dan dapat bertukar data atau dapat bertukar sumber daya jadi saling membantu.

Tentunya untuk memudahkan kita semua dalam bertukar data dalam berbagai sumber daya tentunya Kita juga harus memilih beberapa tipe jaringan yang bisa kita pilih teman-teman semuanya yang saya akan Jelaskan ini adalah tipe jaringan ini dibagi menjadi dua tipe yang pertama yaitu client server dan yang kedua yaitu tipe jaringan pear to pear.

1. Client server
    Client server server adalah sebuah komputer yang menyediakan fasilitas atau sumberdaya yang bisa digunakan oleh pelayan atau bisa digunakan oleh komputer lain Jadi server ini adalah penyedia atau pendistribusi jadi yang menyediakannya ini disebut server , client adalah sebuah komputer atau komputer komputer yang menerima atau menggunakan fasilitas yang disediakan oleh server jadi saya ini adalah sebuah komputer atau perangkat atau komputer komputer yang dimana menggunakan atau sebagai pengguna dari fasilitas-fasilitas yang disediakan sendiri. Server di jaringan tipe client server disebut dengan dedi cated server karena murni berperan sebagai penyedia fasilitas untuk workstation dan server tersebut tidak dapat berperan sebagai workstation.

Keunggulan dari Tipe jaringan client server ini diantaranya:

Kecepatan akses lebih tinggi karena penyedia fasilitas jaringan mengelolanya dilakukan secara khusus oleh satu komputer atau yang tidak dibebani dengan tugas lain seperti sebagai workstation.

Sistem keamanannya dan administrasi jaringan lebih baik karena terdapat sebuah komputer yang bertugas sebagai server atau administrator jaringan yang mengelola administrasi dan sistem keamanan jaringan.

Kelemahannya :
Kelemahan dari jaringan client-server ini ya operasional relatif lebih mahal karena kita harus membeli komputer server dengan speed prospek yang sangat besar dengan spesifikasi komputer yang harus begitu besar supaya server ini bisa berguna dan berfungsi dengan baik dan dapat digunakan oleh pelayan pelayannya tersebut kemudian diperlukan adanya suatu atau satu komputer khusus setelah jelaskan kebudayaan kelangsungan jaringan ini sangat tergantung pada server jadi kekurangan dari client server ini diantaranya masih tergantung pada server karena namanya saja client server jadi Kalau klien tanpa server itu kan aneh gitu ya teman-teman semuanya semoga teman-teman mengerti mengenai client server.

Selanjutnya tipe jaringan yang kedua yaitu pear to pear.

2. Pear to pear
Tutup ini adalah sebuah jaringan atau tipe jaringan yang dimana kedua komputer ini dapat berfungsi atau berperan bisa sebagai server ataupun bisa juga sebagai pelayan jadi tidak menentu jadi komputer komputernya ini bisa bertugas ada yang bisa menjadi siapa rada bisa yang menjadi kaya jadi semuanya ini bisa bertukar posisi kadang jadi server kadang menjadi pelayan full yang jadi server lagi menjadi ke lain hati Nah itu disebut dengan peer to peer.

Keunggulan dari jaringan peer to peer tersendiri ini adalah yang pertama yaitu antar komputer dalam jaringan dapat saling berbagi sumber daya ini sudah jelas kemudian biaya operasional relatif lebih murah dibandingkan dengan jemput jaringan client-server salah satunya karena tidak memerlukan server yang memiliki kemampuan khusus untuk mengorganisasikan dan menyediakan fasilitas jaringan kelangsungan kerja jaringan tidak tergantung pada satu server sehingga bila salah satu komputer atau vir mati atau rusak jaringan secara keseluruhan tidak akan mengalami gangguan.

Kekurangan dari jaringan peer to peer ini pencairan solusi masalah jaringan relatif lebih sulit karena pada jaringan tipe peer to peer setiap komputer dimungkinkan untuk terlibat dalam  komunikasi yang ada di jaringan client-server komunikasi dengan workstation.

Bekerja lebih rendah dibandingkan dengan jaringan client server karena setiap harus mengelola berbagai fasilitas jaringan juga harus mengelola pekerjaan atau aplikasi sendiri kemudian sistem keamanan jaringan ditentukan oleh masing-masing user masing-masing fasilitas karena data jaringan tersebut di masing-masing kompu jaringan maka backup harus dilakukan oleh masing-masing komputer tersebut.

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya sampaikan dalam kesempatan ini dalam artikel tipe-tipe jaringan tab untuk teman-teman yang ingin atau bertanya silahkan ajukan di komentar jangan malu jangan sungkan silahkan berkomentar dengan baik Terima kasih telah membaca artikel tipe jaringan komputer kurang lebihnya mohon maaf apabila ada salah kata salah penulisan Mohon dimaafkan wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Leave a reply "TIPE JARINGAN KOMPUTER LENGKAP BESERTA KEKURANGAN DAN KELEBIHANNYA"